Ini Potret Polisi Humanis di Paluta, Bantu Supir Angkot yang Mobilnya Mogok  

Padang Lawas Utara – Berbagai cara pengabdian masyarakat, dilakukan polisi masa kini. Seperti halnya potret pada salah satu polisi humanis di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang dengan susah payah membantu Supir angkutan kota (Angkot) yang mobilnya mogok, Selasa (24/1/2023) pagi.

Adalah Bripka Amirul S Hasibuan, potret Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Kabupaten Paluta, yang kala benar-benar gambarkan sosok polisi yang humanis. Menurut Bripka Amirul, peristiwa ia menolong Supir Angkot yang mobilnya mogok itu terjadi secara spontan alias tiba-tiba.

Di mana, seperti hari-hari biasanya, Bripka Amirul memang rutin menggelar patroli dan sambang ke kawasan binaannya. Tiba-tiba, dia melihat ada seorang pria yang tampak seperti kebingungan persis di samping Angkot. Rupanya, pria itu adalah Supir Angkotnya.

Pria itu bingung, karena mobilnya rusak dan bagaimana harus membawanya ke Bengkel. Tanpa pikir panjang, Bripka Amirul lantas memarkirkan sepeda motor khas Bhabinkamtibmas kecintaannya, dami bisa menolong masyarakatnya.

“Kalau gitu, mari saya bantu mendorong Pak,” ucap Bripka Amirul, seraya menelepon salah satu rekannya sesama Bhabinkamtibmas lain untuk membantu mendorong Angkot yang bobotnya lumayan berat untuk seorang diri.

Tak lama, rekan Bripka Amirul datang. Bripka Amirul lantas meminta Supir Angkot untuk naik ke bangku kemudi. Awalnya, sang Supir agak canggung. Mungkin, sang Supir berpikir apakah mungkin dua orang polisi, mendorong mobil sementara ia berada di bangku kemudi.

“Ndak apa-apa Pak. Gak usah khawatir. Bapak naik saja, sambil kemudikan Angkot-nya,” kata Bripka Amirul sembari tersenyum.

Mendengar hal itu, sang Supir lantas buru-buru naik ke bangku kemudi, sebelum akhirnya tiba ke salah satu Bengkel terdekat. Setalah tiba di Bengkel, Bripka Amirul memberikan nomor kontaknya ke Supir Angkot, agar mana kala sewaktu-waktu membutuhkan bantuan bisa menghubunginya.

“Bapak, kalau kenapa-kenapa atau ada masalah apa pun di Jalan, hubungi nomor saya, ya. Mudah-mudahan, saya pasti bantu,” tutur Bripka Amirul yang sejurus kemudian memohon pamit ke Supir Angkot tersebut.

Ucapkan Terima Kasih ke Polisi Penolong

Sementara, sang Supir Angkot, sebelum Bripka Amirul berlalu pergi, mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuannya. Ia tak bisa bayangkan, jika Bripka Amirul dan rekannya tak datang membantunya.

“Bisa jadi mungkin saya tinggal Angkot saya di tempat mogok tadi untuk memanggil orang Bengkel ke sini. Dan pastinya, ongkosnya jadi bertambah. Untung datang Pak Bhabin yang baik itu,” sebutnya.