Pengamanan Pilkades, Polres Tapsel Siagakan 647 Personel

Pengamanan Pilkades, Polres Tapsel Siagakan 647 Personel

Tapanuli Selatan-Dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades), Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), siagakan 647 personel. Kesiap siagaan personel itu ditandai dengan Apel pergeseran pasukan (Serpas) Operasi Mantap Huta Toba 2022, Selasa (13/12/2022) pagi.

Kapolres, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, bertindak sebagai pimpinan Apel yang berlangsung di Lobi Kantor Bupati Pemkab Tapsel di Kecamatan Sipirok. Sedangkan Kapolsek Sipirok, AKP Ismaya, bertindak sebagai Perwira Apel dan Ipda Ery Juanda Situmorang, SH, menjadi Komandan Apel.

Dalam arahannya, Kapolres menyatakan bahwa, Apel Serpas adalah salah satu upaya pengecekan akhir kekuatan pasukan. Selain itu, Apel Serpas menjadi wujud kesiapan Polri bersama stake holder terkait mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara Pilkades serentak Kabupaten Tapsel.

Siap Siaga : Ratusan personel siap amankan jalannya Pilkades serentak Kabupaten Tapsel 20

“Adapun personel yang terlibat dalam hal pengamanan pemungutan suara dalam rangka Pilkades Kabupaten Tapsel tahun 2022 ini, sebanyak 647 personel,” jelas Kapolres.

Ia merinci, 647 personel itu terdiri dari P Tapsel 261 orang, BKO Polres Padangsidimpuan 75 orang, BKO Yon C Sat Brimob Polda Sumut 96 orang, BKO Polda Sumut 115 orang, dan dari TNI 100 orang.

Pengamanan Pilkades Maksimal

Para personel tersebut, menurut Kapolres, siap mengawal maupun melaksanakan tugas pengamanan secara maksimal. Berdasarkan perkiraan intelijen dan hasil rapat koordinasi kesiapan pengamanan Pilkades bersama instansi terkait, bahwa pada pelaksanaan Pilkades ini, tidak ada desa yang rawan.

“Namun, kita harus tetap laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Supaya Pilkades tapsel tahun 2022 ini berjalan dengan aman dan lancar,” ajaknya.

Ia yakin dan percaya seluruh personel Polri dan stake holder terkait yang terlibat akan mampu laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan, berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugasnya.

Siap Siaga : Ratusan personel siap amankan jalannya Pilkades serentak Kabupaten Tapsel 2022

Menurutnya lagi, para personel Polri juga mampu mengemban tugas pengabdian ke bangsa, negara, serta menjunjung tinggi netralitas tugas tersebut. Untuk hadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkades itu, Kapolres juga sampaikan sejumlah himbauan.

Ia meminta agar personel siapkan kondisi mental dan fisik yang berdasar komitmen moral dan disiplin kerja tinggi. Sehingga, dapat menampilkan jati diri petugas pengamanan sebagai sosok yang Presisi, pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel.

“Selanjutnya, pedomani aturan perundang-undangan terkait Pilkades serta SOP pengamanan yang berlaku,” pintanya.

Himbauan Kapolres Tapsel

Kepada personel pengamanan, Kapolres juga menghimbau agar sesampainya di lokasi pengamanan segera melakukan koordinasi dengan Pamenwas, Pawas, Padal, Danramil, Camat, dan Plt Kepala Desa. Gunanya, agar personel benar-benar tahu Desa/TPS yang menjadi tanggung jawabnya.

Kemudian, personel harus bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta Lonmas yang melaksanakan Pam di Desa atau TPS. Di sisi lain, Kapolres ingatkan agar personel dapat benar-benar pelajari situasi dan kondisi serta kerawanan di masing-masing desa.

“Dan kenali tokoh-tokoh yang dapat membantu bila terjadi suatu permasalahan di desa,” tutur Kapolres.

Bersama Forkopimda : Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, bersama Forkopimda saat Apel Serpas Pilkades serentak 2022

Pinta Kapolres lagi, agar personel segera berkoordinasi dengan panitia Pilkades. Dan personel harus benar-benar tahu perangkat petugas pemungutan suara, bila perlu turut membantu mengamankan dan mengawal logistik pemungutan suara.

Berikan pengawalan penuh terhadap kotak maupun surat suara. Laporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan secara berjenjang. Serta gindari tindakan arogan, pelanggaran, penyimpangan, serta tunjukan sikap netralitas.

“Laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa anggung jawab dan keikhlasan,” himbau Kapolres.

Kapolres berharap, agar personel Pam bisa memedomani dan melaksanakan himbauan tersebut. Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres berharap agar tugas-tugas pengamanan ini dapat menjadi nilai ibadah di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa.

“Semoga Allah SWT, tuhan semesta alam meridhoi segala niat baik dan pengabdian yang kita lakukan demi masyarakat, bangsa dan negara tercinta,” sebutnya mengakhiri amanat.

Tampak hadir, Bupati Tapsel M Frananda, SE. Pabung Kodim 0212/TS MAYOR Arm Hasran Harahap, SH. Kajari Tapsel Antoni Setiawan, SH, MH. Danyon C Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, SH, MH. Wadanyon 123/Rw Mayor Inf Antoni Zebua. Serta, Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap, SH.