Wujud Kesiapan Jelang Pilkades, Polres Tapsel Gelar Latihan Pra Ops Mantap Huta Toba 2022  

Wujud Kesiapan Jelang Pilkades, Polres Tapsel Gelar Latihan Pra Ops Mantap Huta Toba 2022

Tapanuli Selatan-Sebagai wujud kesiapan jelang pemilihan kepala desa (Pilkades), jajaran personel Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar latihan Pra Ops Mantap Huta Toba 2022, Senin (12/12/2022) pagi. Kegiatan berlangsung di Lapangan Futsal Wirasatya Mako Polres Tapsel.

Turut hadir, Wakapolres Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. Kemudian, Kabag SDM Kompol Bumbunan Lumbanraja. Selanjutnya, Kabag Ops AKP Johannes Marojahan Napitupulu, SH. Serta para Kasat, Kapolsek, Perwira, serta personel Polres Tapsel yang terlibat.

Latihan Pra Ops : Personel Polres Tapsel mengikuti latihan Pra Ops Mantap Huta Toba 2022

Usai latihan, Kapolres memaparkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk berikan gambaran dan pedoman tentang situasi satuan Dan sitkamtibmas di wilayah hukum Polres Tapsel.

Gambaran dan pedoman tersebut, sebut Kapolres, berguna untuk mengukur sejauh mana kesiapan jajaran dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Tapsel tahun 2022.

“Adapun yang menjadi sasaran dalam hal pengamanan pada Pilkades tahun 2022 Kabupaten Tapsel ini, yaitu orang, lokasi, benda, hingga kegiatan inti itu sendiri,” ujar Kapolres.

Kapolres mengaku, dalam pengamanan Pilkades nanti, pihaknya akan mengerahkan kekuatan personel sebanyak 643 orang. Ia merinci, 643 orang tersebut terdiri dari, 318 personel pengamanan desa.

Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni

“Lalu, 75 personel BKO Polres Padangsidimpuan. 90 personel BKO Yon C Sat Brimob Polda Sumut. 90 personel Dit Samapta Polda Sumut. Serta dari rekan-rekan TNI sebanyak 100 personel,” rinci Kapolres.

Bahas Potensi Kerawanan Pilkades Tapsel

Lanjut Kapolres, dalam kesempatan latihan Pra Ops Mantap Huta Toba 2022 itu pula, pihaknya turut membahas terkait potensi-potensi kerawanan. Pihaknya juga membahas potensi konflik yang mungkin terjadi saat gelaran Pilkades.

“Untuk desa yang akan menggelar Pilkades serentak Kabupaten Tapsel ini yakni, sebanyak 106 Desa. Dari 106 desa tersebut, terbagi menjadi 188 TPS (tempat pemungutan suara),” jelas Kapolres.

Terakhir, Kapolres mengajak dan memberi himbauan ke segenap pihak, untuk sama-sama menjaga suasana Kamtibmas yang aman dan kondusif, selama pelaksanaan Pilkades mendatang.