Gerakan Inovatif Jelajah Huta Kapolres Tapsel: Solusi Kamtibmas dari Akar Rumput

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, kembali luncurkan program inovatif bertajuk gerakan jelajah huta (kampung-red) guna menjawab dan selesaikan persoalan Kamtibmas dari bawah.

Untuk perdana, Senin (29/07/2024) Kapolres mengawali program inovatif gerakan jelajah huta guna selesaikan dan menjawab persoalan Kamtibmas dari bawah ini di Aula Desa Sigumuru, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel.

Di Aula Kantor Desa Sigumuru itu, AKBP Yasir juga menampung berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat seputar situasi Kamtibmas. Tak hanya itu, AKBP Yasir juga menyampaikan sosialisasi ke masyarakat guna menjaga keamanan jelang Pilkada.

“Tadi, kami menyerukan ke masyarakat untuk terlibat dalam program Polres Tapsel jihad melawan narkoba. Peran serta dari masyarakat, sangat kontributif dalam menghalau peredaran narkoba ini,” terang AKBP Yasir usai program jelajah huta.

Kapolres juga meminta masyarakat agar jangan sungkan melapor, jika melihat adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Kemudian, AKBP Yasir mengaku, pihaknya juga turut mengajak menjaga suasana damai jelang Pilkada.

“Mari kita jaga suasana damai, jujur, adil, dan jauh dari money politik, agar Pilkada nanti berjalan lancar. Hindari juga black campaign, penyebaran berita hoaks, dan ujaran kebencian,” ajak Kapolres.

 

Gunakan Dana Desa Tepat Sasaran

Kepada perangkat Desa Sigumuru, Kapolres mengingatkan, agar tetap mempergunakan Dana Desa dengan tepat sasaran, serta hindari korupsi. Pastikan, Dana Desa membawa kemaslahatan bagi setiap warga yang ada di Desa.

AKBP Yasir juga menghimbau setiap masyarakat, untuk menghindari aksi kekerasan dalam rumah tangga. Selain merupakan tindak pidana, kekerasan dalam rumah tangga, dapat berefek buruk karena bisa merusak mental dan psikis anak-anak selaku generasi penerus.

“Polri, khususnya Polres Tapsel sangat konsern terhadap perlindungan perempuan dan anak. Sebab, Undang-undang telah mengatur tentang keseriuasan negara menangani perlindungan perempuan dan anak ini,” urainya.

Terakhir, Kapolres me-warning setiap masyarakat, untuk tidak bermain judi, baik secara online atau offline. Sebab, judi dapat merusak, baik dari segi ekonomi maupun keluarga. Di dalam agama apapun, juga melarang yang namanya perjudian.

“Untuk itu, kami berharap, tidak ada lagi yang bermain judi, terlibat pada peredaran dan penyalahgunaan narkotika, serta berbagai penyakit masyarakat lainnya di wilayah hukum Polres Tapsel,” tandas Kapolres.

Setelahnya, kegiatan berlanjut dengan sesi tanya jawab. Dalam kegiatan yang diikuti Desa Sigumuru, Desa Sibakua, dan Desa Sisundung itu, masing-masing perwakilan warga turut menyampaikan pertanyaan ke Kapolres.

 

Ungkapan Terimakasih

Dalam kesempatan ini, masyarakat juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih ke Kapolres dan jajaran atas inisiasinya menggelar gerakan jelajah huta ini. Masyarakat berharap, gerakan jelajah huta ini, dapat menjawab persoalan seputar Kamtibmas.

Tampak hadir mendampingi Kapolres yaitu, Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Danil Saragih, SH, MH. Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH. KBO Sat Bimmas Polres Tapsel, Iptu Bangun Siregar.

Kemudian, Kanit III Tipikor Sat Reskrim Polres Tapsel, Ipda Saad Mahardian Harahap, SH. Dan, Kanit Reskrim Polsek Batang Toru, Ipda Ery Juanda Situmorang, SH. Hadir juga, Camat Angkola Barat, M Thohir Pasaribu