Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak Rela Berendam di Sungai Demi Seberangkan Siswa

Padang Lawas Utara – Sungguh luar biasa perjuangan dari, Aipda Akhsan Khatib Lubis. Betapa tidak, sosok Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak itu, rela berendam di Sungai Batang Ilung, demi bisa seberangkan siswa untuk berangkat ke sekolah, pada Senin (16/1/2023) pagi.

Padahal, seusai menyeberangkan siswa melewati Sungai Batang Ilung, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak itu harus pergi lagi jalankan tugasnya menyambangi desa binaannya.

Berendam : Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Aipda Akhsan Khatib Lubis, rela berendam di Sungai demi menyeberangkan siswa ke sekolah

Namun, ia rela basah-basahan di Sungai Ilung yang ada di Desa Hajoran, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), agar siswa sampai tepat waktu di sekolahnya.

Nyaris setiap pagi, ia bersama rekannya, Babinsa Sertu Abdul Harahap, rela berendam di Sungai untuk menyeberangkan siswa sekolah. Tidak tampak raut wajah kesal dari Aipda Akhsan, saat bajunya harus basah saat menyeberangkan siswa.

Bayangkan saja, tinggi Sungai di atas pinggang orang dewasa ia tempuh guna menyeberangkan siswa dengan menggunakan perahu karet milik BPBD Pemkab Paluta. Tapi, justru ia tampak senang, bisa menyeberangkan siswa untuk pergi ke sekolah.

“Kalau baju, masih bisa kita ganti, Pak. Tapi, kalau adik-adik ini sampai terlambat menerima mata pelajaran, siapa nanti yang akan menjadi generasi penerus. Mungkin saja, adik-adik kita ini nanti jadi orang yang berguna bagi negeri ini, kita tidak ada yang tahu,” kata Aipda Akhsan.

Tidak Hanya Siswa yang Menyeberang

Menurut Aipda Akhsan, yang menyeberang lewat Sungai Batang Ilung, tidak hanya siswa saja. Bahkan, acap kali, ia membantu masyarakat untuk menyeberangi Sungai. Akan tetapi, ia selalu memprioritaskan siswa sekolah untuk menyeberang.

“Memang, Jembatan di Sungai ini sudah tidak bisa dilalui. Tapi, adik-adik kita ini harus tetap sekolah. Makanya, ini mungkin jadi alternatif sementara, agar adik-adik kita bisa tetap sekolah,” terangnya.

Salah seorang masyarakat yang enggan disebut namanya, menuturkan bahwa Aipda Akhsan bersama rekannya Babinsa Sertu Abdul, memang kerap membantu masyarakat untuk menyeberangi Sungai.

“Sebagai masyarakat, kami hanya bisa ucapkan terima kasih ke Bapak-bapak polisi dan TNI, yang sudah suka rela membantu untuk menyeberang. Mudah-mudahan, Bapak-bapak mendapatkan kesehatan dan kesuksesan menjalankan tugasnya,” ucap warga.