Agar Siswa Tak Terlambat, Polsek Batang Angkola Hadir Gatur Lalin

Tapanuli Selatan – Agar siswa tidak terlamat sampai ke sekolah, personel Pengamanan (Pam) Padat Pagi dari Polsek Batang Angkola, Aipda Maratoga, dan rekannya, Bripka Pirman Harahap, sigap melaksanakan tugas penjagaan dan pengaturan (Gatur) arus lalu lintas (Lalin), Senin (16/1/2023) pagi.

Kedua personel Polsek Batang Angkola itu terlihat sibuk, mendahulukan para pelajar dari kenderaan lainnya saat Gatur Lalin di depan SMA Negeri 1 Pintu Padang, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) itu.

Teguran Humanis : Personel Pam Padat Pagi saat memberikan teguran humanis ke salah satu pelajar yang mengenderai kenderaan tanpa memakai helm

Tidak hanya itu, sesekali, keduanya tampak sibuk mengatur kenderaan agar tidak berada pada posisi berlapis. Keduanya, juga memberikan himbauan ke pengemudi angkutan umum. Supaya, pengemudi angkutan umum tidak memarkirkan kenderaan di tepi jalan, terlalu lama.

Sebab, berlapisnya kenderaan dapat timbulkan kemacetan arus lalu lintas. Selain itu, keduanya juga tampak memberhentikan pengguna jalan yang terlihat kasat mata tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Misalnya, keduanya berhentikan pengguna jalan yang tidak menggunakan helm.

Usai Gatur Lalin, Aipda Maratoga menyatakan, bahwa kegiatan Pam Padat Pagi merupakan agenda rutin Polsek Batang Angkola. Terutama, dalam rangka menciptakan Kamseltibcar Lantas di Jalan Raya. Menurut Aipda Martoga, pelaksanaan Pam Padat Pagi sendiri, fokus ke titik-titik rawan kemacetan.

“Terutama, di sekitar Komplek Sekolah. Sebab, di kawasan sekolah, kerap terjadi antrean kenderaan lantaran mengantar anak sekolah,” katanya.

Adapun teguran lisan ke pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, lanjut Aipda Martoga, adalah sebagai upaya Polri dalam rangka meminimalisir kecelakaan. Apalagi, pelanggaran tidak memakai helm, yang tentu dapat membahayakan pengguna jalan.

“Oleh karenanya, kami menghimbau ke segenap pengguna jalan, agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas, demi keselamatan diri sendiri ataupun orang lain,” tukasnya.