Sosialisasi Pemilu, Kapolres Tapsel Pastikan Netralitas Polri

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Secara tegas, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, pastikan netralitas Polri dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Selain netralitas, Kapolres Tapsel juga pastikan profesionalisme Polri pada tugas pengamanan Pemilu.

“Sebagai aparat keamanan, kami harus bersikap netral dan profesional dalam melaksanakan tugas,” ungkap AKBP Yasir saat sosialisasi Pemilu bagi Aparat Kecamatan, Lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Tapsel, Senin (15/1/2024) sore.

Dalam pertemuan di Lantai III Aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel ini, AKBP Yasir juga menyampaikan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama tahapan Pemilu. Untuk itu, ia mengajak bersinergi dengan pihak.

“Terutama, terkait untuk mencegah potensi gangguan Kamtibmas,” tutur Kapolres.

Ia juga mengajak seluruh stake holder untuk bersama menyosialisasikan pencegahan konflik. Menurut Kapolres, sosialisasikan yang efektif ke masyarakat tentang pentingnya menghindari konflik politik dan memilih perwakilan dengan damai.

“Ajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dalam menggunakan hak suaranya,” pesannya.

Selanjutnya, ia berpesan ke semua pihak, untuk membangun kerja sama yang erat dengan semua pihak terkait. Termasuk TNI, Polri, Bawaslu, dan elemen masyarakat lainnya.

Terakhir, pesan Kapolres terkait potensi cuaca yang tidak menentu. Potensi cuaca yang tak stabil, dapat menjadi salah satu tantangan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Hujan yang lebat atau cuaca buruk dapat mempengaruhi beberapa aspek pelaksanaan Pemilu. Termasuk partisipasi pemilih, logistik, dan keamanan,” terangnya.

Peran Penting Pilar Keamanan

Kapolres juga menjelaskan, terkait peran penting Polri sebagai pilar keamanan dan ketertiban dalam menjaga integritas Pemilu di Kabupaten Tapsel. Pemilu adalah pesta demokrasi yang memegang peranan krusial dalam menentukan arah dan masa depan bangsa.

“Sebagai para pemegang amanah di tingkat kecamatan, lurah, dan kepala desa, tanggung jawab kita tidak hanya sebatas pada pengelolaan administratif. Tetapi juga pada keberlangsungan proses demokrasi itu sendiri,” jelasnya.

“Mari kita jadikan Pemilihan Umum ini sebagai momen untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. Bersama, kita wujudkan penyelenggaraan Pemilihan Umum yang berkualitas, adil, dan damai di Kabupaten Tapanuli Selatan,” sambung Kapolres menutup.

Tampak hadir dalam sosialisasi itu, Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, SPt, MM. Ketua DPRD Kabupaten Tapsel, Abdul Basith Dalimunthe, SH. Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan, GM Panjaitan. Ketua KPU Tapsel, Zulhajji Siregar. Dan, Ketua Bawaslu Tapsel, Taufik Hidayat.