Polres Tapsel Mampu Kawal 99 Unras Selama 2022 hingga Berakhir Damai

Polres Tapsel Mampu Kawal 99 Unras Selama 2022 hingga Berakhir Damai


Tapanuli Selatan-
Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) mampu kawal 99 aksi unjuk rasa (Unras) di wilayah hukumnya selama kurun waktu tahun 2022 hingga berakhir dengan damai, tanpa ada konflik. Baik itu, terkait dengan Unras isu Nasional maupun daerah.

“Terkait isu Nasional ada (Unras penolakan) Omnibus Law dan kenaikan (harga) BBM (berakhir damai) itu berkat bantuan dari rekan-rekan media maupun informasi kepada kami. Sehingga, kami dapat melakukan pola pengamanan terhadap pengunjuk rasa,” kata Kapolres saat konferensi pers akhir tahun 2022, pada Kamis (29/12/2022) sore.

Selain itu, lanjut Kapolres, selama 2022 ada 5 konflik antara masyarakat dengan perusahaan perkebunan maupun tambang. Kapolres mengaku, pihaknya membantu penyelesaian konflik dengan cara mediasi.

“Misalnya, kejadian konflik antara masyarakat Desa Muara Upu dengan PT MIR yang sempat terjadi pendirian tenda dan aksi lainnya. Alhamdulillah, kami bisa memediasi dan ketemu titik solusi terbaik,” jelas Kapolres.

Begitu juga dengan perusahaan yang lain, kata Kapolres, pihaknya mempertemukan masyarakat dengan pihak yang berkonflik hingga tercapai kesepakatan. Sama halnya konflik antara masyarakat dan Ormas Pemuda, dengan pihak PLTA (Batangtoru, Tapsel).

“Kami bisa memediasi antara masyarakat dengan pihak PLTA hingga tercapai kesepakatan tidak mengulangi konflik,” ucap Kapolres.

Sinergi Polres Tapsel dengan Awak Media dan Masyarakat Kawal Unras

Sebelumnya, terkait pencegahan konflik ini, Kapolres mengucapkan terima kasih ke segenap awak media maupun masyarakat. Sebab, berkat informasi dari semua pihak, Polres Tapsel bisa melakukan deteksi dini guna pencegahan konflik di masyarakat.

“Jujur kami sampaikan, berkat rekan-rekan media yang begitu intens menyampaikan informasi kepada kami, sehingga dengan deteksi dini yang akurat, kami bisa melaksanakan kegiatan penggalangan maupun pengamanan dan pengawalan kegiatan Unras selama tahun 2022,” terang Kapolres.

Tampak hadir dalam konferensi pers itu antara lain, Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. Kabag Ops Polres Tapsel AKP Marojahan Napitupulu. Kabag SDM Polres Tapsel Kompol Bumbunan Lumban Raja.

Kemudian, Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Paulus Robert Gorby Pembina, SIK. Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Sofyan Helmi Nasution, SH. Kasat Resnarkoba Polres Tapsel Iptu S Sagala, SH. Dan, Kasat Samapta Polres Tapsel AKP Harun S, SH.