Jelang Pilkada, Waka Polres Tapsel Dorong Masyarakat Berantas Narkoba

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, diwakili Waka Polres, Kompol Rapi Pinakri, SH, MH, sampaikan seruan jihad melawan narkoba ke masyarakat di Aula Kantor Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur, pada Senin (29/07/2024).

Waka Polres, sampaikan seruan jihad melawan narkoba itu di sela pelaksanaan gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta yang masif berlangsung di Desa-desa. Program ini, merupakan agenda unggulan dari Kapolres guna menampung berbagai aspirasi seputar Kamtibmas.

Dalam kesempatan ini, Waka Polres membeberkan maksud kedatangan pihaknya menemui masyarakat. Di mana, selain bersilaturahmi, pihaknya ingin memastikan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu topik yang ia bahas, terkait pemberantasan narkoba. Dalam aksi jihad melawan narkoba ini, menurut Waka Polres, Polri perlu dukungan masyarakat. Ia mempersilahkan siapa saja, melapor ke Polri jika mengetahui peredaran atau penyalahgunaan narkoba.

“Jelang Pilkada serentak 2024, kami menghimbau ke segenap masyarakat, untuk tetap menjaga suasana yang aman, damai, dan kondusif,” ajaknya.

Kepada para Kepala Desa, pihaknya menghimbau untuk menggunakan anggaran sesuai peruntukannya. Jangan ada Kepala Desa yang gunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Karena nantinya akan berujung ke perbuatan pidana.

“Sekarang ini lagi marak-maraknya judi online maupun offline. Itu semua, merusak sendi-sendi kehidupan kita. Bagi siapa saja yang melakukannya, kami akan tegakkan hukum. Termasuk kalau ada personel kami (terlibat), tolong laporkan,” tegas Waka Polres.

Terkait persoalan keluarga yang sering bertengkar, bahkan menjurus ke kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) maupun perlindungan perempuan dan anak, apabila itu ia minta agar selesaikan dulu secara kekeluargaan.

“Karena apabila itu nanti sudah saling melapor akan lebih sulit untuk menyelesaikannya,” jelasnya.

Ia juga menyinggung, agar masyarakat tidak mudah terpengaruh berita hoaks. Jika menemukan informasi yang berisi ujaran kebencian, fitnah, dan berita bohong, segera tinggalkan. Dia juga menyampaikan, jika Polres Tapsel baru usai menggelar Operasi Patuh Toba 2024.

“Kami harapkan masyarakat tertib berlalulintas. Karena kalau sudah terjadi kecelakaan yang rugi adalah kita sendiri, anak, dan keluarga,” tukas Waka Polres.

Cooling System

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Tapsel, Iptu Oloan Lubis, SH, yang juga hadir menjelaskan, bahwa pihaknya menggelar cooling system jelang Pilkada ini, guna menciptakan situasi yang kondusif. Ia meminta, agar para perangkat Desa bersikap netral

“Kami tekankan kepada Pak Kades (Kepala Desa), agar tidak bermain mata terhadap oknum-oknum yang ingin memanfaatkan kewenangan Bapak. Nanti bapak sendiri yang akan merugi,” himbaunya.

Apresiasi Kapolres Jelajah Huta

Terpisah, masyarakat Desa Huraba, mengapresiasi gerakan Kapolres Jelajah Huta oleh Polres Tapsel ini. Menurut masyarakat, peran serta Polres Tapsel dalam menciptakan suasana damai, khususnya jelang Pilkada, sudah benar-benar maksimal.

Tampak hadir, Kasiwas Polres Tapsel, AKP Ismaya. Kapolsek Sipirok, Iptu PM Siboro. Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Tapsel, Ipda Erich S Hasibuan. Kemudian, hadir juga perangkat Desa Huraba, Sijungkang, dan Huta Ginjang.