Jaga Keamanan, Polsek Batang Toru Kawal Unras Poktan Muara Upu

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, 

TAPANULI SELATAN – Guna menjaga situasi keamanan, sejumlah personel Polsek Batang Toru dan bantuan dari Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), kawal aksi unjuk rasa (Unras) kelompok tani (Poktan) Koperasi Produsen Sawit Sejahtera Muara Upu di PTPN IV, pada Selasa (28/05/2024) pagi.

Demi keamanan pula, personel gabungan dari Polsek Batang Toru dan Polres Tapsel kawal Unras Poktan Koperasi Produsen Sawit Sejahtera Muara Upu di Afdeling VII PTPN IV. Massa, terlihat dirikan tenda di sekitar kawasan Afdeling VII PTPN IV Region I Batang Toru, Kabupaten Tapsel.

“Massa di lokasi, mendirikan teratak atau tenda untuk bermalam,” terang Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH, Rabu (29/05/2024) malam.

Sembari mendirikan tenda, massa meluapkan berbagai tuntutannya ke PTPN IV Region I Batang Toru. Personel Polsek Batang Toru sempat melakukan penggalangan dengan dua Koordinator Aksi agar dapat membatalkan Unras tersebut.

Namun, lanjut Kapolsek, massa menolak. Penolakan massa berdalih sesuai dengan keputusan rapat internal, maka aksi tetap berlangsung. Massa, juga menolak untuk adanya upaya pertemuan dengan pihak PTPN IV Region I Batang Toru.

“Sampai saat ini, masyarakat masih bertahan di tenda yang berdiri di areal Afdeling VII PTPN IV Region I Batang Toru,” kata Kapolsek.

Rencana Massa Menggelar Aksi 3 Hari

Menurut Kapolsek, berdasarkan hasil koordinasi pihaknya ke Kordinator Aksi, bahwa rencananya, massa akan menginap dan bertahan di tenda selama 3 hari. Aksi yang terdiri dari, pria, wanita, dan anak-anak ini lebih kurang berjumlah 75 orang.

“Para personel yang terlibat untuk pengamanan unjuk rasa ini, masih tetap bertahan di Afdeling VII PTPN IV. Kendati begitu, kami menghimbau massa agar tidak bertahan ataupu menduduki lahan. Dan juga, tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, aksi Unras ini, berawal dari masyarakat yang merasa Perusahaan atau PTPN IV Region I Batang Toru tidak menepati janji. Sebelumnya, di Polres Tapsel telah berlangsung mediasi antara masyarakat dan pihak PTPN IV Region I Batang Toru.

“Dari mediasi ini, massa menuntut sejumlah poin ke perusahaan. Dan akhirnya, massa menggelar unjuk rasa degan dirikan tenda di Afdeling VII PTPN IV Region I Batang Toru. Sejauh ini, situasi masih terbilang aman dan kondusif,” tutup Kapolsek.