Ipda Samuel Jefri Hutapea: Pentingnya Helm SNI untuk Kurangi Korban Jiwa di Jalan Raya

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id,  PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Ipda Samuel Jefri Hutapea, SH, menyebut bahwa, kelalaian seorang pengendara, kerap picu terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Banyak yang jadi korban kecelakaan akibat kelalaian pengendaranya dan tak mematuhi peraturan lalulintas,” ujar Ipda Samuel di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Balai Desa Ubar, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Jumat (23/08/2024).

Untuk itu, Kanit meminta agar banyaknya kasus kecelakaan akibat kelalaian ini menjadi perhatian bersama bagi semua pihak. Agar ke depan, angka korban jiwa kecelakaan ini semakin berkurang.

Ia juga menjelaskan terkait pentingnya memakai helm SNI saat berkendara di jalan raya. Sebab, selama 14 hari pihaknya mengadakan Operasi Patuh Toba 2024, di wilayah hukum Polres Tapsel terjadi kecelakaan sebanyak 6 kasus dengan korban jiwa 8 orang.

Kebanyakan, kata dia, korban yang meninggal dunia ini pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Maka, Kanit menghimbau masyarakat agar berpesan ke anak dan sanak saudara agar memakai helm saat berkendara.

Kanit juga mengajak masyarakat agar lebih sadar akan keselamatan berlalulintas. Bila perlu, masyarakat menjadi salah satu pelopor tertib dalam keselamatan berlalulintas.

Sebelumnya, dalam gerakan ini, Kanit mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif jelang Pilkada 2024. Ia mengingatkan masyarakat, agar hindari menyebarkan informasi hoaks dan ujaran kebencian.

“Mari kita jaga kerukunan, kedamaian, serta persatuan dan kesatuan di antara kita. Karena sejatinya, kita semua bersaudara. Hormati segala bentuk perbedaan. Terkhusus, perbedaan pilihan jelang Pilkada,” ajak Kanit.

Jihad Melawan Narkoba

Kanit juga menyampaikan program Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, terkait jihad lawan narkoba. Selain itu, ia mengaku Polri saat ini juga tengah fokus memberantas judi, baik online maupun offline.

Maka, ia menghimbau ke masyarakat agar tidak bermain-main dengan narkoba atau pun judi, karena hanya akan merusak masa depan. Tak lupa, Kanit mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan di dalam Rumah Tangga.

“Ke para perangkat Desa, agar kiranya menggunakan anggaran untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat. Jangan gunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi kelompok tertentu,” tegasnya.