Kapolsek Dolok Peringatkan Para Kades: Hindari Korupsi, Prioritaskan Kemaslahatan Warga

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) Jelajah Huta di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kapolsek Dolok, Iptu Suhardi, ingatkan para Kepala Desa (Kades) agar gunakan anggaran dengan tepat sasaran.

“Selain tepat sasaran, kami ingatkan para Kades agar gunakan anggaran Desa yang bisa bawa kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakatnya,” tegas Kapolsek Dolok di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Kabupaten Paluta, pada Jumat (23/08/2024) siang.

Dalam acara yang berlangsung di di Aula Desa Sijantung Julu, Kecamatan Dolok, Kabupaten Paluta itu, Kapolsek juga mengingatkan para Kades agar jangan sampai menyelewengkan anggaran di Desa, demi kepentingan pribadi atau oknum-oknum tertentu.

“Kami ingatkan Kades, agar tak menyalahgunakan kewenangannya. Apalagi, demi kepentingan politik. Karena selain merugikan masyarakat, perbuatan ini juga bisa berakhir ke ranah pidana. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari tindak pidana korupsi,” Iptu Suhardi.

Sebelumnya, Iptu Suhardi mengajak ke masyarakat, untuk bersama-sama menyukseskan program Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, yaitu berjihad melawan narkoba. Menurutnya, dukungan dari masyarakat menjadi motivasi bagi Polri untuk lebih giat memberantas narkoba.

“Mohon laporkan kepada kami, apabila menemukan penyalahgunaan ataupun peredaran narkoba. Sekalipun yang terlibat (narkoba) personel kami, juga laporkan. Pasti kita tindak tegas,” ucap Kapolsek..

Selain narkoba, dia juga menghimbau masyarakat untuk hindari perjudian. Mengingat beberapa bulan mendatang akan ada kontestasi Pilkada, pihaknya juga menghimbau masyarakat tetap jaga kedamaian dan kondusifitas.

Kapolsek juga menekankan pentingnya memilah informasi yang benar-benar valid di tengah derasnya kemajuan teknologi dan tahun politik belakangan ini. Jangan sampai, masyarakat terjebak dengan menyebar hoaks.

“Karena ketika kita menyebar hoaks, ujaran kebencian, isu SARA, maupun black campaign, hal ini bisa berpotensi pada kegaduhan publik. Dan bukan tidak mungkin bisa berujung ke ranah hukum,” pungkas Iptu Suhardi.

Dukungan Masyarakat

Sementara, Kepala Desa Sijantung Julu, Sahrul Efendi Siregar, mengaku atas nama masyarakat, pihaknya siap mendukung Polres Tapsel berjihad melawan narkoba. Pihaknya, juga siap mendukung upaya Polri menciptakan Pilkada damai.

“Kami mewakili masyarakat di sini, siap berkontribusi ke Bapak-bapak Kepolisian untuk ikut serta dalam pemeliharaan Kamtibmas. Utamanya, pemberantasan narkoba,” tegasnya.