Cara Kapolres Tapsel Ciptakan Pilkades Aman di Paluta

Meski berlangsung malam hari, Selasa (03/10/2023), Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, bersama Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Andar Amin Harahap, SSTP, MSi, masih berupaya menghadirkan suasana damai pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) besok, Rabu (04/10/2023).

Adapun cara jitu Kapolres Tapsel ciptakan Pilkades aman di Kabupaten Paluta, yaitu dengan mengunjungi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Bersama Bupati, orang nomor satu di wilayah hukum Polres Tapsel tersebut melaksanakan patroli dialogis dengan petugas pengamanan maupun masyarakat di sekitar TPS.

Sesekali, AKBP Imam Zamroni dan Andar Amin Harahap, menanyakan ke petugas maupun warga di sekitar TPS, terkait kondisi keamanan terkini. Keduanya juga memberi masukan ke masyarakat, agar melaporkan ke petugas apabila ada potensi gangguan keamanan dan ketertiban di TPS.

Adapun lokasi sasaran patroli dialogis antara lain, TPS Desa Lantosan Satu, Kecamatan Portibi. Kemudian, TPS Desa Aek Huaraya, Kecamatan Portibi. Lalu, TPS Purba Sinomba, Kecamatan Padang Bolak. Dan terakhir, di TPS Desa Batang Baruhar Jae, Kecamatan Padang Bolak.

AKBP Imam Zamroni menjelaskan, selain melakukan patroli dialogis, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh rangkaian Pilkades serentak di Paluta tahun 2023. Pihaknya, ingin memastikan situasi terkini di sejumlah TPS yang akan melaksanakan pemungutan suara, apakah selalu dalam keadaan aman dan kondusif.

“Dan Alhamdulillah, hingga akhir kegiatan patroli tadi, suasana TPS terpantau masih aman dan kondusif,” terangnya.

Ia mengaku, pihaknya juga terus memonitor kondisi Kamtibmas terkini di seluruh TPS lain yang akan melangsungkan pemungutan suara besok. Terakhir, ia menghimbau kepada segenap masyarakat Paluta, untuk menjaga suasana aman, damai, dan sejuk, selama pesta demokrasi di desa berlangsung.

“Mari kita sukseskan Pilkades di Paluta dengan tetap memelihara suasana yang aman, damai, dan sejuk. Sebab, kita semua adalah bersaudara,” tandasnya.