Polres Tapsel Siap Kolaborasi dengan DPR dan BPK untuk Awasi Dana Desa

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Kompol Sisworo, SH, MH, mengaku siap lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk lembaga DPR, BPK, dan lainnya, untuk awasi pengelolaan dana Desa (DD) sehingga bisa berjalan membawa manfaat yang baik.

Kabag Ops mengutarakan hal tersebut usai sosialisasi oleh anggota DPR RI Komisi XI, H Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM, CA, bersama Kepala BPKP Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, Jumat (21/06/2024) siang. Yang mana, sosialisasi ini membahas optimalisasi peran dan fungsi BPK dan DPR RI dalam akuntabilitas pengelolaaan DD di Tapsel.

Menurut Kabag Ops, pihaknya siap kolaborasi untuk awasi pengelolaan DD agar lebih baik, demi mendukung tugas Polri khususnya Polres Tapsel dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif. Dengan pengelolaan DD yang baik, maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat.

“Jika pembangunan dan perekonomian di masyarakat lebih baik, maka tingkat kriminalitas menjadi minim. Dan hal ini tentu sangat mendukung tugas Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas kondusif,” ucap Kabag Ops.

Dalam sosialisasi yang berlangsung di Sopo Namora, Kelurahan Baringin, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel itu, Kabag Ops juga menyampaikan bahwa Polres Tapsel selaku pelayan masyarakat terbuka untuk memberi arahan, agar para Kades jangan sampai tersandung kasus pidana.

“Para Kades, dalam hal pengelolaan dana Desa ini, bisa meminta saran atau pendapat kepada Polri. Agar, tidak terjadi kesalahan ataupun temuan tindak pidana dalam hal pengelolaan dana desa. Kami membuka diri untuk itu,” ucapnya.

“Karena sesungguhnya, keberhasilan suatu penegakan hukum bukan pada banyaknya orang yang masuk dalam penjara. Melainkan, kasus kejahatan atau tindak pidana maupun kerugian negara menjadi minim. Inilah hukum yang membawa manfaat,” tambahnya.

Wawasan Baru ke Kades untuk Kelola DD yang Baik

Terakhir, Kabag Ops mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI Komisi XI, Gus Irawan Pasaribu, dan Kepala BPKP Sumut, Eydu Oktain Panjaitan. Atas, terselenggaranya sosialisasi tentang pengelolaan DD tersebut.

“Harapannya, ini menjadi wawasan baru bagi setiap Kades khususnya di Kabupaten Tapsel agar lebih baik dan berhati-hati dalam mengelola dana desa,” tukas Kabag Ops menutup.

 

Tampak hadir dalam sosialisasi ini antara lain, Ketua DPRD Tapsel, Abdul Basith Dalimunthe, SH. Kemudian, hadir juga unsur Forkopimda dan beberapa pimpinan OPD, Camat, dan para Kades di Kabupaten Tapsel.