Petani di Paluta Kehilangan Rumah Akibat Kebakaran Jelang Sahur

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Satu unit Rumah permanen hangus terbakar di Desa Jambu Tonang, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), jelang sahur, pada Jumat (29/03/2024).

Beruntung, semua penghuni Rumah permanen yang terbakar di Ujung Batu, Kabupaten Paluta, jelang sahur ini selamat. Namun begitu, kerugian materil akibat insiden ini diperkirakan menyentuh angka yang tak sedikit. Sekitar lebih kurang Rp500 juta.

“Pemilik Rumah ini adalah seorang petani, Bapak Wisal Harahap, 55 tahun,” ujar Kapolsek Padang Bolak, AKP Harun Manurung, SH.

Menurut keterangan anak dari Wisal, yakni Abdullah Royib Harahap, 26 tahun, titik api awalnya berasal dari atas asbes yang terbagi di Dapur Rumah. Mengetahui adanya api, saat itu penghuni Rumah langsung ke luar dan meminta pertolongan warga.

“Kemudian, tetangga bersama warga padamkan api dengan menggunakan alat manual,” jelas Kapolsek.

Setelah berjibaku lebih kurang dua jam dengan kobarannya, api pun berhasil padam. Api melahap nyaris seluruh isi Rumah berikut dengan isinya. Untuk penyebab, saat ini Polisi tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Namun demikian, dugaan sementara menurut keterangan saksi-saksi (penghuni Rumah-red), api berasal dari arus pendek (listrik),” tukas Kapolsek menutup.