Maknai Kehidupan dengan Perjuangan, Kapolda Sumut Beri Tali Asih di Peringatan Hari Juang Benteng Huraba ke-75

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Usai memperingati Hari Juang Benteng Huraba ke-75, Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi, beri tali asih secara simbolis, ke ratusan masyarakat, para Tokoh, keluarga veteran, Lansia, dan anak yatim.

“Maknailah kehidupan ini, dengan perjuangan kita di bidang masing-masing untuk bermanfaat bagi orang lain,” ucap Kapoldasu sebelum beri tali asih ke ratusan masyarakat di peringatan Hari Juang Benteng Huraba, Minggu (05/05/2024).

Dalam kesempatan ini, Kapoldasu menegaskan, bahwa TNI-Polri dan seluruh masyarakat tidak akan ada pernah matinya. Baginya, inilah potret sejatinya bangsa Indonesia.

Kapoldasu berpesan ke seluruh peserta peringatan Hari Juang Benteng Huraba bahwa dalam mengisi kemerdekaan ini, tidak bisa dilalui dengan santai-santai. Namun, setiap anak bangsa harus mengisinya dengan menjadi orang yang bermanfaat bagi yang lain.

“Termasuk bagi kita semuanya, para pejabat dan pemangku kepentingan harus terus memberikan manfaat ke masyarakat banyak,” tandasnya.

Forkopimda Tabagsel Ulosi Kapoldasu

Sebelumnya, Forkopimda Tabagsel mengulosi Kapoldasu dan Dansat Brimob Poldasu, Kombes Pol Rantau Isnur Eka, SIK, MM, MH, MHan. Usai diulosi, Kapoldasu memimpin Upacara peringatan Hari Juang ke-75 di monumen Benteng Huraba.

Sebagai tanda syukur, dalam kesempatan ini, Kapoldasu juga melakukan pemotongan nasi tumpeng. Kemudian, Kapoldasu menyerahkan nasi tumpeng kepada dua orang istri dari dua pejuang yang sempat bertempur di Benteng Huraba.

Menurut informasi dari berbagai sumber, 75 tahun silam, Inspektur Kelas I Mayor Maskadiran, memimpin pertempuran di Benteng Huraba. Mayor Maskadiran yang saat itu menjabat Komandan Keresidenan Tapanuli yang bertempat di Panyabungan, Mandailing Natal, bersama TNI, dan masyarakat bertempur dari agresi Belanda.

Selain Mayor Maskadiran, nama Pahlawan lain seperti, Mayor Bejo, juga terukir dalam peristiwa bersejarah di Monumen Benteng Huraba ini. Di Monumen Benteng Huraba, juga terdapat dua meriam bernama Simanis dan Lucsim.

Tampak hadir dalam peringatan Hari Juang Benteng Huraba ke-75 ini antara lain, Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi, SIK, MH. Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH. Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, MH. Lalu, Kapolres Mandailing Natal, AKBP Arie Sofandi Paloh, SIK, MH.

Selanjutnya, Kapolres Padang Lawas, AKBP Diari Astetik, SIK, MH. Kapolres Sibolga, AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK. Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH. Danyon C Sat Brimobdasu, Kompol Buala Zega, SH, MH.

Kemudian, Ketua DPRD Padangsidimpuan, Siwan Siswanto, SH. Dandim 0212/TS, Letkol Inf Amrizal Nasution. Danyon 123/Rajawali, Letkol Inf Emick Chandra Nasution. Kajari Tapsel, Siti Holija Harahap, SH, MH.