Kunjungan ke Pesantren, AKBP Yasir Begitu Mencintai Ulama

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Saat kunjungan ke Pondok Pesantren Al Yusufiyah, sosok AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) tergambar begitu mencintai Ulama, Selasa (9/1/2024) sore.

Gambaran AKBP Yasir yang begitu mencintai Ulama, langsung terlihat kala ia tiba kunjungan ke Pondok Pesantren Al Yusufiyah. Orang nomor satu di Polres Tapsel itu, langsung memeluk Ustad Ridwan Amiril Sholeh, selaku Pimpinan Pesantren Al Yusufiyah.

Ia benar-benar menanggalkan baju pejabatnya kala berkunjung di Pondok Pesantren yang terletak di Jalan Mandailing, Km 12, Desa Huta Holbung, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel itu.

Memang, AKBP Yasir dibesarkan dari kalangan keluarga yang agamis. Pria yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Darul Mursyid, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel ini, juga merupakan anak seorang Ulama.

Ayahanda tercintanya, merupakan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimpuan, Alm H Ahmad Syaukani, yang lebih kurang 15 tahun menjabat. AKBP Yasir, juga piawai dalam mengaji dan berceramah.

Ia juga mahir dalam berbahasa Arab dan Inggris. Sehingga tak heran, sosoknya betul-betul lekat dengan para Ulama. Di berbagai kesempatan, AKBP Yasir kerap mengisi ceramah Agama di Masjid di waktu luangnya sebagai anggota Polri.

“Kami datang ke Pondok Pesantren Al Yusufiyah ini, guna meminta wejangan dari Guru kami Al Ustad Ridwan Amiril Sholeh. Kami juga memohon doa dan dukungan, agar beliau mendoakan kami bisa menjaga Kamtibmas yang kondusif,” jelas AKBP Yasir usai kunjungan.

Menurutnya, peran dan partisipasi aktif dari Ulama, sangat signifikan dalam Harkamtibmas di suatu wilayah. Apalagi, dalam waktu dekat, akan berlangsung Pemilu 2024. Oleh karenanya, ia memohon dukungan agar Ulama bisa menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan.

“Para Ulama, bisa memberikan pesan ke jamaah yang meneduhkan. Sehingga, daerah kita terhindar dari isu-isu atau provokasi yang bisa memicu konflik dan tetap aman serta kondusif jelang Pemilu nanti,” tutur Kapolres.

Beri Dukungan Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Terpisah, Pimpinan Pondok Pesantren Al Yusufiyah, Ustad Ridwan Amiril Sholeh, mengapresiasi AKBP Yasir dan jajaran, yang telah datang berkunjung ke Pondok asuhannya. Pihaknya mengaku siap, mendukung tugas Polri menciptakan suasana sejuk dan Kamtibmas kondusif.

“Semoga, di bawah kepemimpinan AKBP Yasir Ahmadi, Kabupaten Tapsel ini tetap aman dan kondusif. Dan pastinya, kita siap mendukung,” ujarnya.

Tampak hadir mendampingi Kapolres antara lain, Kabag Ops Polres Tapsel, Kompol Sisworo, SH, MH. Kasiwas Polres Tapsel, AKP Ismaya. Dan Kasi Propam Polres Tapsel, AKP Triharjanto.