Kompor Minyak Picu Kebakaran Dua Rumah di Tapsel, Kerugian Rp375 Juta

TAPANULI SELATAN – Kuat dugaan, akibat kompor minyak akhirnya memicu kebakaran dua unit Rumah di Lingkungan III, Kelurahan Simatorkis Sisoma, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (19/2/2024) siang.

“Akibat kebakaran dua unit Rumah yang kuat dugaan dipicu kompor minyak ini, kerugian materil total mencapai Rp375 juta,” jelas Kapolsek Batang Toru, Polres Tapsel, Iptu RN Tarigan, SH, pada rilis resmi, Selasa (20/2/2024) siang.

Ia menjelaskan, adapun dua korban atau para pemilik Rumah yang terbakar ini adalah pertama, Hj Mastiro Rambe (59) dan Hj Rosmawati Rambe (63). Dan, pemilik Rumah kedua adalah, Maranuddin Simbolon (67).

Kapolsek merinci, untuk Rumah pertama sudah ludes terbakar berikut isi dan uang tunai ratusan juta rupiah di dalamnya. Total, kerugian materil di Rumah pertama mencapai Rp275 juta.

“Sedangkan di Rumah kedua, kondisinya bagian atap Rumah, dinding Rumah sebelah kiri, dan Dapur terbakar. Sehingga, total kerugian materil mencapai Rp100 juta,” sebut Kapolsek.

Kapolsek lanjut, kejadian bermula saat salah satu penghuni Rumah pertama yang juga saksi, yakni Reynaldo Denison Harahap, ingin meminjam charger Handphone. Reynaldo, meminjam charger persis di belakang Rumah pertama.

“Tiba-tiba, saksi (Reynaldo-red) melihat ada asap mengepul ke luar dari atap rumah korban (Hj Mastiro dan Hj Rosmawati). Kemudian, saksi masuk ke Rumah dan mendobrak kamar Rumah korban dan melihat api sudah membesar,” urainya.

“Selanjutnya, Reynaldo memanggil warga sekitar untuk bersama-sama memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kuat dugaan, kebakaran tersebut berasal dari kompor minyak yang ada di Dapur,” imbuh Kapolsek.

Api Menyambar ke Rumah Sebelah

Tak lama, pemadam kebakaran tiba di lokasi dan api sempat menyambar ke sebelah Rumah yakni, milik Maranuddin. Setelah lebih kurang satu jam berjibaku dengan kobarannya, api berhasil padam.

“Dari kejadian ini, kami telah mengamankan barang bukti berupa, selembar seng bekas terbakar. Sepotong kayu bekas terbakar. Satu pcs kompor minyak bekas terbakar. Serta, 5 lembar uang kertas pecahan Rp100 ribu yang sebagian hangus terbakar,” pungkas Kapolsek.Kompor Minyak Kebakaran Dua Rumah di Tapsel