Kasat Lantas Polres Tapsel Temukan Bahaya Mengerikan di Jalan Lintas, Terutama di Batu Jomba! Apa Yang Mereka Temukan?

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Sebagai bentuk kesigapan Polri, Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Dahnial Saragih, SH, MH, turun langsung survei Jalan lintas di wilayah hukumnya, Selasa (6/2/2024) pagi.

Dalam survei Jalan lintas ini, turut mendampingi Kasat Lantas Polres Tapsel antara lain pihak Dinas Perhubungan setempat. Adapun fokus survei, yakni sepanjang Jalan Nasional Lintas Tengah Sumatera jurusan Padangsidimpuan dengan Tarutung.

Keadaan badan jalan km 11 s/d km 16 jurusan Padangsidimpuan – Tarutung tepatnya di Kec. Angkola Timur Kab. Tapsel.

“Persisnya, mulai dari Km 11 Kelurahan Pasar Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, Kabupatan Tapsel sampai Km 48 Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel,” urai Kasat.

Dari hasil survei ini, kata Kasat, ruas Jalan mulai Km 11 sampai Km 16 Kelurahan Pasar Pargarutan hingga Desa Palsabolas, Kecamatan Angkola Timur, pada badan Jalan, aspal banyak yang berlubang.

“Kemudian, pada badan Jalan aspal di lokasi tersebut, banyak yang bergelombang atau keriting,” jelas Kasat.

Keadaan badan jalan di km 30 jurusan Padangsidimpuan dengan Tarutung Tepatnya di Desa Situmba Kec. Sipirok Kab. Tapsel

Selanjutnya, dari hasil survei di ruas Jalan pada Km 30 tepatnya di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, pada badan Jalan, aspal banyak yang berlubang. Badan Jalan aspal di lokasi tersebut, juga banyak yang bergelombang atau keriting.

Seterusnya, dari hasil survei di ruas Jalan Km 47 hingga 48 tepatnya di Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, pada badan Jalan aspal di lokasi tersebut banyak yang berlubang.

“Badan Jalan di ruas Batu Jomba, juga terbilang rawan longsor dan tertimbun tanah longsor. Di tanjakan ruas Jalan Batu Jomba, keadaan aspal sudah terkelupas. Sehingga, membuat kendaraan susah menanjak dan harus ada bantuan alat berat terutama Truk besar,” beber Kasat.

Kasat menjelaskan, saat ini pihaknya bersama Dinas Perhubungan Tapsel telah berkoordinasi dengan PPK Jalan Nasional untuk segera melakukan perawatan. Khususnya di ruas Jalan Batu Jomba.

“Mengigat, di lokasi ini rawan terjadi kecelakaan lalu lintas,” tutur Kasat.

Atensi untuk Perbaikan Jalan Lintas

Kasat menambahkan, pelaksanaan survei Jalan lintas Nasional ini, merupakan wujud kesiapan Sat Lantas Polres Tapsel dalam menghadapi Operasi Keselamatan dan Ketupat Toba 2024.

“Harapan kami, kepada pihak-pihak terkait, agar mengatensi beberapa ruas Jalan yang butuh perhatian dan perbaikan. Sehingga, masyarakat atau pengguna Jalan merasa nyaman ketika melintas di kawasan yang kita survei hari ini. Terutama di ruas Jalan Batu Jomba,” pungkas Kasat mengakhiri.