Kasat Intelkam Polres Tapsel Serukan Masyarakat Anti Politik Uang Jelang Pilkada

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Kasat Intelkam Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Iptu Oloan Lubis, SH, memaparkan bahwa, tujuan dari gerakan Kapolres Jelajah Huta ini salah satunya, adalah sebagai upaya untuk ciptakan Pilkada yang jujur dan adil (Jurdil), tanpa politik uang.

“Jadi, salah satu tujuan kehadiran kami di hadapan Bapak dan Ibu adalah untuk ciptakan momentum Pilkada yang Jurdil tanpa politik uang,” ujar Iptu Oloan di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Rabu (04/09/2024).

Untuk itu, dari Balai Desa Rondaman Dolok, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara itu, ia mengajak masyarakat agar aktif mendukung Polri dengan menjadi relawan anti politik uang.

Dia juga mengajak, sama-sama memantau dan mengawasi jalannya Pilkada, agar nanti dapat berlangsung dengan bersih serta jauh dari praktek-praktek politik uang. Jika terjadi tindak pidana Pilkada, Kasat mempersilahkan warga melapor ke Gakkumdu.

“Di mana, di Sentra Gakkumdu ini ada pihak Kepolisian, Kejaksaan, dan Bawaslu. Harapannya, akan tercipta proses demokrasi yang bersih, jujur, dan adil di Kabupaten Padang Lawas Utara ini,” harap Kasat.

Tak lupa, Kasat juga mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan untuk situasi yang tetap Kamtibmas yang kondusif jelang Pilkada nanti. Sebab, majunya satu daerah, menurutnya, berawal dari Pemimpin yang amanah dan baik.

“Jangan jadikan Pilkada menjadi ajang perpecahan bagi kita. Sebab, sejatinya, kita semua bersaudara dalam bingkai Dalihan Natolu dan lebih luasnya lagi Bhineka Tunggal Ika,” tutur Kasat.

Kades Jangan Salahgunakan Kewenangan

Dia juga mengingatkan para Kepala Desa (Kades) agar jangan menyalahgunakan kewenangan demi kepentingan oknum-oknum tertentu jelang Pilkada serentak 2024. Apalagi, demi kepentingan oknum yang berkaitan dengan politik.

Ia juga mengingatkan para Kades, agar menghindari tindak pidana korupsi anggaran. Jangan sampai terjadi penyelewengan anggaran yang ada di Desa. Dan jangan terpengaruh dengan oknum untuk menyelewengkan anggaran Desa demi kepentingan Pilkada.

Jihad Melawan Narkoba

Dalam kesempatan ini, Kasat juga memperkenalkan program unggulan dari Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, yaitu jihad melawan narkoba. Dia mengajak segenap masyarakat untuk turut terlibat memberantas peredaran narkoba di Desa masing-masing.

“Sebab narkoba, adalah induk dari segala kejahatan yang terjadi di Negara kita ini,” kata Iptu Oloan.

Dia juga berharap kepada masyarakat untuk tertib berlalulintas. Dengan tegas, pihaknya akan melakukan penegakan hukum berupa sanksi tilang bagi pengendara yang tidak memakai helm SNI maupun knalpot yang tidak sesuai spektek atau blong.

Selesaikan Kasus KDRT Secara Kekeluargaan

Ia juga menyinggung terkait problem kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Saat ini, Iptu Oloan mengaku banyak kasus pertengkaran di keluarga yang menjurus pada aksi KDRT serta perlindungan perempuan dan anak.

Apabila itu terjadi, ia meminta agar masyarakat menyelesaikan terlebih dahulu secara kekeluargaan. Karena, apabila nanti sudah saling melapor akan lebih sulit menyelesaikannya. Ia juga menghimbau untuk gunakan media sosial seperlunya.

“Saat ini, sering timbul perceraian karena Handphone atau media sosial. Rumah Tangga yang baik, berawal dari keluarga yang tetap patuh kepada orangtua dan taat beragama,” jelas Kasat.

“Terakhir, kami ingatkan agar jangan percaya sepenuhnya pemberitaan di media sosial. Karena saat ini, banyak informasi hoaks yang berseliweran, apalagi di tahun politik. Jangan kita korbankan kesatuan dan persatuan bangsa gara-gara berita hoaks,” tambahnya mengakhiri.