Kapolres Jelajah Huta: Ipda Ilham P Nasution Ajak Kades Hindari Korupsi

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kanit Tipiter Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Ipda Ilham P Nasution, SH, MH, ingatkan para Kepala Desa (Kades) agar jangan ada yang korupsi anggaran.

“Jangan ada Kades yang korupsi atau salahgunakan anggaran, harusnya pergunakan dana yang ada dengan tepat sasaran yang bisa bawa kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakatnya,” tegas Ipda Ilham di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Kabupaten Paluta, pada Sabtu (30/08/2024).

Dalam acara yang berlangsung di Desa Gunung Tua BO, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Paluta itu, Kanit juga mengingatkan para Kades agar jangan sampai menyelewengkan anggaran di Desa, demi kepentingan politik oknum-oknum tertentu.

“Kami ingatkan Kades, agar tak menyalahgunakan kewenangannya. Apalagi, demi kepentingan politik, menjelang Pilkada ini. Karena selain merugikan masyarakat, perbuatan ini juga bisa berakhir ke ranah pidana. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari tindak pidana korupsi,” Ipda Ilham.

Sebelumnya, Ipda Ilham mengajak ke masyarakat, untuk bersama-sama menyukseskan program Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, yaitu berjihad melawan narkoba. Menurutnya, dukungan dari masyarakat menjadi motivasi bagi Polri untuk lebih giat memberantas narkoba.

“Mohon laporkan kepada kami, apabila menemukan penyalahgunaan ataupun peredaran narkoba. Sekalipun yang terlibat (narkoba) personel kami, juga laporkan. Pasti kita tindak tegas,” ucap Kanit.

Selain narkoba, dia juga menghimbau masyarakat untuk hindari perjudian. Mengingat beberapa bulan mendatang akan ada kontestasi Pilkada, pihaknya juga menghimbau masyarakat tetap jaga kedamaian dan kondusifitas.

Kanit juga menekankan pentingnya memilah informasi yang benar-benar valid di tengah derasnya kemajuan teknologi dan tahun politik belakangan ini. Jangan sampai, masyarakat terjebak dengan menyebar hoaks.

“Karena ketika kita menyebar hoaks, ujaran kebencian, isu SARA, maupun black campaign, hal ini bisa berpotensi pada kegaduhan publik. Dan bukan tidak mungkin bisa berujung ke ranah hukum,” pungkas Ipda Ilham.

Dukungan Masyarakat

Sementara, Kepala Desa Gunung Tua BO, Sayuti Harahap, mengaku atas nama masyarakat, pihaknya siap mendukung Polres Tapsel berjihad melawan narkoba. Pihaknya, juga siap mendukung upaya Polri menciptakan Pilkada damai.

“Kami mewakili masyarakat di sini, siap berkontribusi ke Bapak-bapak Kepolisian untuk ikut serta dalam pemeliharaan Kamtibmas. Utamanya, pemberantasan narkoba,” tegasnya.