[HOAKS] Pertalite Akan Dihilangkan pada 17 Agustus 2024

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, Viral di X/Twitter sebuah unggahan yang menyebutkan bahwa pada tanggal 17 Agustus 2024, Pertalite akan dihapuskan.

Namun, hasil penelusuran dari turnbackhoax.id pada Minggu (28/7/24) menunjukkan bahwa informasi tersebut tidak benar. Bahan bakar jenis Pertalite tidak akan dihapus di Indonesia, tetapi distribusinya akan dibatasi hanya kepada pihak-pihak yang memenuhi syarat tertentu. Pertalite hanya akan didistribusikan kepada masyarakat yang termasuk dalam kategori-kategori yang telah ditentukan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan hal ini. Dilansir dari cnnindonesia.com, ia menyatakan bahwa mulai 17 Agustus, upaya pengurangan subsidi yang tidak tepat sasaran akan dilakukan, dan Pertamina sedang menyiapkan mekanisme untuk memastikan subsidi diberikan kepada yang berhak.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, juga menekankan bahwa hingga saat ini Pertamina masih ditugaskan untuk menyediakan Pertalite. Dalam ulasannya di artikel okezone.com, ia menegaskan bahwa keputusan terkait BBM subsidi seperti Pertalite merupakan kewenangan pemerintah.