[HOAKS] Hasil Persilangan Harimau dan Anjing Laut

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, Viral di TikTok sebuah video yang menampilkan seekor binatang dengan wajah harimau namun berbadan anjing laut. Unggahan tersebut disertai narasi yang mengklaim bahwa hewan tersebut merupakan hasil persilangan antara harimau dan anjing laut. Video tersebut diunggah pada 11 Juli 2024 dan telah dilihat sebanyak 4,4 juta kali.

Namun, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Berdasarkan penelusuran dari turnbackhoax.id pada Sabtu (20/7/24), setelah dianalisis menggunakan Hive Moderation, sebuah pendeteksi AI, ditemukan bahwa video tersebut memiliki probabilitas 53,6% untuk merupakan hasil suntingan digital.

Jika diperhatikan dengan seksama, terdapat banyak kejanggalan dalam video tersebut. Contohnya, di antara kerumunan orang, terlihat satu kaki muncul tiba-tiba di tengah sepasang kaki lainnya. Satu kaki yang mengenakan celana biru bergerak ke tengah dan kemudian menyatu dengan kaki lainnya. Oleh karena itu, video yang mengklaim adanya hasil persilangan harimau dan anjing laut adalah tidak benar. Video tersebut adalah hasil manipulasi digital menggunakan AI.