Dukung Ekosistem Sungai, Kapolsek Batang Toru Hadiri Pelepasan Benih Ikan oleh PT NSHE

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH, bersama Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel), mengikuti kegiatan pelepasan ribuan benih ikan yang digelar PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), Kamis (20/06/2024) siang.

Kapolsek, menghadiri pelepasan ribuan benih ikan jenis jurung yang digelar PT NSHE ini di sepadan Sungai Aek Sikkut dan Aek Uluala Namenek, Kelurahan Wek I, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapsel.

Selain pelepasliaran ikan endemik di kawasan Sungai perlindungan tersebut, berlangsung juga kegiatan penanaman tanaman multi fungsi serta pelestarian biota air dan habitatnya.

“Harapan kami, kegiatan ini mampu menjaga ekosistem lingkungan. Khususnya, di sepadan aliran Sungai perlindungan di Aek Sikkut dan Aek Uluala Namenek,” ujar Manager Biodiversity PT NSHE, Iqbal Nizar Arafat.

Ia merinci, dalam kegiatan ini, pihaknya menebar 1.000 ekor benih ikan jurung di Sungai Aek Sikkut. Sedangkan tanaman, pihaknya menanam Pohon bambu yang bertujuan sebagai anti longsor di tepian Sungai.

“Kami mengajak semua pihak, untuk sama-sama menjaga Sungai. Sehingga nantinya, generasi yang akan datang dapat menikmati kelestarian alam di Kabupaten Tapsel. Khususnya, Kecamatan Batang Toru ini,” ajaknya.

Sementara, Kapolsek Batang Toru, mengaku bahwa Polri mendukung penuh upaya pemerintah maupun perusahaan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk itu, pihaknya mengaku siap mendukung berbagai kegiatan berbasis pelestarian lingkungan. Menurutnya, kegiatan ini banyak membawa dampak positif.

“Semoga, kegiatan ini berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Baik itu dari segi kelestarian lingkungan. Ataupun peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” harap Kapolsek.