Apes, Pencuri Sawit di Kebun PTPN III Batangtoru Tapsel Lolos dari Petugas

Tapanuli Selatan – Insiden yang menghampiri keamanan atau Security PTPN III Kebun Batangtoru, Riswan Effendi Batubara (37), kali ini agaknya sedikit apes. Pasalnya, warga Perkebunan Batangtoru, Kabupaten Tapsel itu, gagal meringkus pencuri buah sawit di areal Kebun milik perusahaan tempat ia bekerja.

Ceritanya, pada Sabtu (17/12/2022) subuh, seperti biasa Riswan melaksanakan patroli di areal Kebun Kelapa Sawit TM 2004 Blok 0-08 Afedling II/Sipisang, PTPN III Batangtoru. Kemudian, saat melaksanakan patroli tersebut, Riswan, melihat sesosok manusia tengah memanen sawit di kawasan itu.

Riswan curiga, bahwa manusia yang tengah memanen dengan gunakan becak bermotor itu adalah pencuri sawit yang tengah beraksi di PTPN III Batangtoru. Sebab, tidak ada pekerja PTPN III Batangtoru, yang melakukan pekerjaannya di pukul 04.00 WIB.

Selanjutnya, tanpa pikir panjang, Riswan melakukan penyergapan. Nahas, pelaku dengan cepat meloloskan diri dari sergapan Riswan. Pelaku, bahkan nekad kabur meninggalkan becak bermotor berikut sawit hasil jarahannya di lokasi.

Kemudian, Riswan menghubungi dua rekannya sesama Security, Joko Suwito (40) dan Adi Saputra (43), guna meringkus pelaku. Sayangnya, setelah melakukan pencarian, para Security tersebut tidak berhasil menemukan pelaku.

Atas peristiwa tersebut, Riswan melaporkannya ke Polsek Batangtoru, agar polisi dapat mengusut siapa pelaku pencurian sawit tersebut. Sebab aksi pencurian sawit sudah kerap terjadi di areal Kebun PTPN III Batangtoru.

Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, melalui Kapolsek Batangtoru, AKP Tona S, SH, membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat ini, pihaknya tengah berupaya untuk melakukan pencarian keberadaan pelaku.

“Kita juga telah mengamankan satu unit becak bermotor berikut tandan buah sawit yang kuat dugaan tertinggal oleh pelaku usai kepergok melakukan aksi pencurian,” kata Kapolsek.