Andes Mar Siregar: Pentingnya Kearifan Lokal dalam Penyelesaian Konflik PT. SAE

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, Tapanuli Selatan – Anggota DPRD Tapanuli Selatan (Tapsel), Andes Mar Siregar, menunjukkan komitmennya dalam memperjuangkan keadilan bagi karyawan PT. Sinar Avanoska Emas (SAE) dalam penyelesaian konflik yang terjadi.

Dalam rapat koordinasi, Senin, (19/02/2024), Andes Mar Siregar aktif berpartisipasi dalam mencari solusi untuk mengatasi konflik antara PT. SAE dengan karyawannya.

Konflik yang terjadi antara PT. SAE dengan karyawannya meliputi beberapa masalah, seperti kontrak kerja yang tidak jelas, pemecatan karyawan secara sepihak, dan pemotongan gaji tanpa alasan yang jelas.

Andes Mar Siregar, bersama dengan pihak terkait lainnya, turut membahas berbagai solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Andes Mar Siregar juga menekankan pentingnya melibatkan kearifan lokal dan melibatkan forkopimca. Serta anggota dewan setempat secara lebih aktif dalam penyelesaian masalah di perusahaan-perusahaan besar seperti PT. SAE.

“Hal ini penting agar masalah dapat diatasi sejak dini dan tidak terjadi penumpukan masalah yang lebih besar di kemudian hari,” terang putra asli Desa Merancar ini.

Dalam kesempatan tersebut, Andes Mar Siregar merupakan Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Tapsel juga menekankan pentingnya sinergi antara berbagai pihak terkait, termasuk pihak perusahaan, pemerintah, dan anggota DPRD, untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan adil bagi semua pihak.
“Dengan demikian, diharapkan konflik seperti yang terjadi di PT. SAE dapat dihindari di masa mendatang, sehingga proyek nasional ini berjalan sesuai waktu yg di tentukan,” tutupnya yang merupakan .

Kapolres Tapsel Sukses Memediasi Konflik

Sebelumnya diberitakan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, akhirnya sukses memediasi konflik antar PT SAE dan Karyawan, Senin (19/2/2024) siang.

Dengan inisiasi memediasi tersebut, Kapolres sukses mengakhiri konflik dan mogok kerja antar Karyawan di PT SAE di Kabupaten Tapsel. Kedua belah pihak, baik itu Karyawan serta Manajemen PT SAE, ikut hadir dalam mediasi di Aula Mapolres Tapsel itu.