7 Minuman Alami yang Ampuh Bikin Pencernaan Lancar

Menjaga kesehatan pencernaan sangatlah penting, termasuk membersihkan usus yang bisa dilewati oleh racun dan limbah yang tak diperlukan tubuh. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat memicu penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (15/11/23), berikut sederet minuman enak dan alami yang ampuh bersihkan usus, antara lain:

1. Air putih

Melansir Healthline, tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tak cuma buat usus, asupan air mineral juga penting untuk menjaga fungsi organ tubuh yang lain.

2. Air garam

Air garam digunakan dalam metode saltwater flush. Metode ini jadi pilihan bagi mereka yang mengalami sembelit dan BAB tidak teratur.

Campurkan 2 sdt garam dengan segelas air hangat. Biasanya, orang menggunakan garam laut atau garam Himalaya.

Minumlah air garam dengan cepat saat perut kosong. Dalam beberapa menit, Anda akan mulai merasakan keinginan untuk buang air besar.

Namun demikian, hanya ada sedikit bukti ilmiah terkait metode tersebut. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya.

3. Air cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai salah satu sumber probiotik yang bisa membersihkan usus. Enzim dan asam yang dikandung cuka sari apel diduga dapat menekan bakteri jahat.

Selain cuka sari apel, Anda juga bisa mendapatkan asupan probiotik lainnya dari minuman yogurt dan kefir.

4. Jus apel

Melansir Healthline, jus apel dapat memecah racun, memperbaiki fungsi hati, sekaligus meningkatkan pergerakan usus. Hal ini didapat karena kandungan serat larut yang ada di dalamnya.

Serat larut membantu melembapkan lapisan usus sehingga melancarkan gerakan.

Untuk hasil maksimal, minum-lah segelas air putih 30 menit sebelum meminum jus apel. Jangan tambahkan gula dalam jus apel Anda.

5. Jus alpukat

Alpukat mengandung senyawa antioksidan bernama glutathione. Senyawa ini membantu mengatur ulang sel-sel lapisan usus, yakni entrosit.

Anda bisa mendapatkan asupan glutathione dari segelas jus alpukat tanpa pemanis tambahan.

Tak hanya alpukat, glutathione juga terdapat dalam sayur asparagus dan kangkung.

6. Air jahe

Melansir Medicine Net, jahe punya kemampuan untuk merangsang pencernaan. Dengan begitu, jahe juga dapat membantu membersihkan usus.

Rebus jahe yang telah digeprek dalam air panas, campurkan dengan madu untuk menambah rasa. Minuman jahe bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari.

7. Air lemon madu

Melansir Medical News Today, tingginya kandungan antioksidan seperti vitamin C dalam lemon dapat membantu membersihkan usus besar.

Campurkan perasan lemon dengan madu dan segelas air hangat. Untuk hasil terbaik, minum air lemon saat perut kosong di pagi hari.