Upaya Cegah Gangguan di Bulan Ramadan, Polsek Padang Bolak Razia Petasan dan Senjata Mainan

 

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Jelang Lebaran ‘Idul Fitri 1445 Hijriah, Polsek Padang Bolak dan pemerintah daerah menggelar razia petasan dan senjata mainan, Jumat (05/04/2024) pagi.

Pelaksanaan razia petasan maupun senjata mainan oleh Polsek Padang Bolak dan pemerintah daerah ini, terjadi di sekitaran Pasar Gunung Tua, Padang Lawas Utara (Paluta). Selain itu, petugas juga tertibkan parkir liar.

“Setidaknya ada beberapa petasan dan senjata mainan yang kami sita dalam razia ini,” kata Kapolsek Padang Bolak, AKP Harun Manurung, SH, di sela razia.

Ia memaparkan, saat melakukan pemeriksaan di Toko Fanny, petugas menemukan mercon atau petasan korek api sebanyak 7 pcs. Terhadap mercon tersebut, petugas melakukan penyitaan.

Kemudian, pihaknya juga menyita 5 pucuk senjata mainan di Toko Serba Jaya. Lalu, menyita 5 pucuk senjata mainan di Toko Romadon. Dan, 2 pucuk senjata mainan di Toko Ginda Toys berikut dengan peluru 2 kotak.

“Tujuan penyitaan senjata mainan ini adalah untuk mengantisipasi anak-anak main senjata mainan di wilayah hukum Polsek Padang Bolak,” tegas Kapolsek.

Tak hanya itu, persis di Simpang Empat pusat Pasar Gunung Tua, pihaknya juga melaksanakan penertiban kepada masyarakat yang masih memarkirkan kendaraan di badan Jalan.

“Kami menghimbau ke petugas Parkir agar tidak memarkirkan kenderaan secara berlapis,” urai Kapolsek.

Sebelumnya, Kapolsek menjelaskan, bahwa pihaknya sebelum menggelar razia memberikan peringatan kepada para pedagang agar tidak menjual petasan maupun senjata mainan.

Sebab, menurut Kapolsek, tindakan itu dapat mengganggu kesucian bulan Ramadan dan masyarakat yang sedang beribadah. Serta yang pasti, dapat membahayakan bagi pelaku pemain petasan atau senjata mainan

“Hari ini, kami melakukan sebuah tindakan kepada para penjual yang sudah kami ingatkan. Namun, masih tidak bisa untuk mengikuti aturan,” sebutnya.

Kapolsek menekankan ke petugas yang terlibat agar pelaksanaan razia ini membuahkan hasil. Sebab, saat ini merupakan puncak Pekan (Pasar) sebelum Hari Raya ‘Idul Fitri 1445 Hijriah.

Jadi, ia berharap razia ini dapat benar-benar menertibkan petasan dan senjata mainan. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menyambut Hari Raya ‘Idul Fitri 1445 Hijriah.

Terbagi Dua Tim

Menurut Kapolsek, dalam razia ini, pihaknya membagi petugas menjadi dua Tim. Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak, Iptu Aswin Manurung, SH, memimpin Tim pertama yang akan razia sejumlah Toko.

“Sedangkan kami (Kapolsek), memimpin Tim kedua yang melakukan razia penertiban parkir liar di badan Jalan,” tandas Kapolsek mengakhiri.

Tampak hadir dalam razia ini, Waka Polsek Padang Bolak, Iptu Suhardi. Camat Padang Bolak, Awaliddin Harahap, SSos. Kasi Ops Satpol PP Paluta, Destryawaluddin Harahap, SSos, dan petugas gabungan lainnya.

Komentar