Sat Lantas Polres Tapsel Sosialisasikan Pentingnya Helm SNI ke Siswa SMAN 1 Sipirok

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id,  TAPANULI SELATAN – Sat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), paparkan ke siswa SMAN 1 Sipirok, terkait pentingnya gunakan Helm SNI saat berkendara di jalan raya, Rabu (17/07/2024) pagi.

Yang mana, Polres Tapsel paparkan ke siswa SMAN 1 Sipirok terkait pentingnya gunakan Helm SNI saat berkendara di jalan raya dalam rangka Operasi Patuh Toba 2024.

Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Danil Saragih, SH, MH, melalui Kapos Lantas Sipirok, Aiptu V Sitompul, menjelaskan, bahwa fungsi helm adalah meminimalisir fatalitas kecelakaan saat mengenderai roda dua.

“Di mana, helm standar Nasional Indonesia (SNI-red) berfungsi untuk melindungi kepala, sebagai organ vital dalam tubuh kita,” ucap Sitompul di hadapan ratusan siswa di Lapangan SMAN 1 Sipirok.

Kepada para siswa, ia juga tekankan agar mengenderai kenderaan ketika sudah memperoleh surat izin mengemudi (SIM). Dalam hal ini, pengendara di bawah umur memiliki risiko lebih tinggi mengalami kecelakaan.

Ia juga menghimbau para siswa yang sudah memiliki SIM dan mempunyai sepeda motor, agar tidak merubah knalpotnya menjadi brong. Pemakaian knalpot brong, dapat mengganggu kenyamanan masyarakat umum.

“Kemudian, kami minta untuk tidak berbonceng tiga bagi sepeda motor. Serta, tidak mengenderai kenderaan melebihi batas kecepatan maksimal,” ajaknya.

Sitompul mengaku, pihaknya menyampaikan himbauan ini, agar para siswa tertib mematuhi peraturan lalulintas yang ada. Tujuannya, untuk keselamatan diri sendiri maupun orang banyak.

“Mari, sama-sama kita patuhi dan tertib dalam berlalulintas. Sebab, semua ini demi kenyamanan kita dan masyarakat luas,” tandasnya.

Komentar