Saling Tantang Berujung Tawuran: Polsek Padang Bolak Mediasi Siswa SMA di Paluta

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Berawal dari saling tantang, antar siswa di Sekolah yang sama yakni di salah satu SMA di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), terlibat tawuran, Kamis (01/08/2024) pagi.

Beruntung, kasus tawuran antar siswa SMA di Sekolah yang sama di Paluta yang hanya berawal dari saling tantang ini berhasil dimediasi di hari yang sama oleh Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Bripka Adam Pohan, dan Babinsa.

Kapolsek Padang Bolak, AKP Harun Manurung, SH, Jumat (02/08/2024) pagi menerangkan, sebelumnya pada Rabu (31/07/2024) pagi lalu, salah satu murid di Sekolah itu, CH, sedang bermain di salah satu Desa.

“Tiba-tiba, datang murid lain, AH, yang masih satu Sekolah dengan CH. AH, tiba-tiba mengajak CH berkelahi. Tapi, CH tak menggubris dan memilih pulang ke Rumahnya,” jelas Kapolsek.

Tak usai sampai di situ, lanjut Kapolsek, AH kembali mengajak CH berkelahi lagi. Lagi-lagi, CH terus menghindari ajakan AH tersebut. Esoknya, CH bersama teman-temannya mengadang AH, saat hendak melintas di Desanya.

“AH saat itu melintas juga bersama teman-temannya. Akibatnya, perkelahian antar dua kubu siswa dari Sekolah yang sama itu tak terelakkan,” imbuh Kapolsek.

Atas kejadian itu, kata Kapolsek, beberapa orangtua siswa kedua belah pihak merasa was-was dan takut kejadian serupa terulang kembali. Sehingga, para orangtua kedua belah pihak mendatangi Sekolah untuk mediasi.

Kemudian, pihak Sekolah mengundang Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk memfasilitasi mediasi tersebut. Dan, pihak Sekolah memberikan peringatan terhadap murid yang selalu membuat onar.

“Apabila tidak mau merubah sikap, maka pihak Sekolah akan mengeluarkan murid yang selalu berbuat onar tersebut dari Sekolah,” jelas Kapolsek.

Dari hasil mediasi ini, kedua belah pihak murid sepakat berdamai dan tidak mengulangi lagi perkelahian atau tawuran di kemudian hari. Dan, para orangtua juga setuju atas peringatan keras dari Sekolah.

“Setelah mediasi, kedua belah pihak bermaafan dan bersalam-salaman,” tutup Kapolsek.

Komentar