Ratusan Personel Siaga di Paluta Karena Hal Ini

Sebanyak ratusan personel Polri siaga di Paluta (Padang Lawas Utara), pada Selasa (15/09/2023) pagi. Tidak hanya Polri saja, personel TNI hingga Satpol PP, juga tampak siaga di Kabupaten Paluta.

Kesiap siagaan para personel, tergambar saat Apel pergeseran pasukan (Serpas) Operasi Mantap Huta Toba 2023 dalam rangka pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Paluta.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel, yaitu Bupati Andar Amin Harahap. Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni, juga hadir dalam Apel Serpas tersebut. Sedangkan yang bertindak sebagai Perwira Apel yaitu, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar.

Usai Apel, Kapolres Tapsel menjelaskan, total ada 377 personel yang akan terlibat pada pengamanan pemungutan suara Pilkades. Dari 377 itu, 243 di antaranya merupakan personel Polres Tapsel. Lalu, 40 personel BKO dari Polres Tapteng.

“Kemudian, 44 personel BKO dari Polres Taput dan 10 personel BKO dari Polres Padangsidimpuan,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh aparat yang bertugas, siap amankan jalannya pesta demokrasi di desa tersebut. Pihaknya bersama instansi terkait mengaku, telah lakukan pemetaan terhadap lokasi desa yang rawan selama pagelaran Pilkades berlangsung.

“Berdasarkan pemetaan kami, ada 4 desa yang kami nilai rawan. Untuk itu, kami menghimbau segenap pihak, agar dapat menjaga suasana yang aman, damai, dan sejuk, serta menghindari hal-hal anarkis selama Pilkades nanti, karena kita semua adalah saudara,” harapnya menutup.