Puluhan Santri Selamat dari Kebakaran di Asrama Ponpes Darel Hasan Paluta

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Asrama putra tingkat dua permanen berlantai papan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darel Hasan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), mendadak terbakar, Sabtu (13/07/2024) siang.

Beruntung, puluhan santri yang menghuni Asrama putra seluas 7×20 Meter² di Ponpes Darel Hasan di Desa Simangambat Julu, Kabupaten Paluta itu berhasil selamat. Saat kejadian, sekitar 80 santri sedang melaksanakan salat Zuhur.

“Karena para santri sedang salat Zuhur, maka Asrama putra tersebut dalam keadaan kosong,” kata Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kapolsek Padang Bolak, AKP Harun Manurung, SH, Sabtu (14/07/2024) pagi.

Kapolsek menjelaskan, awal mula kejadian ini, terlihat ada kepulan asap di bagian belakang Asrama putra. Melihat hal tersebut, para santri dan Pengurus Ponpes milik H Hasan Tanjung itu, berupaya untuk padamkan api.

“Mendapat informasi adanya insiden kebakaran, kami terjun ke TKP. Selain itu, 2 unit mobil pemadam kebakaran milik PT ANJ Agri dan PT Wonorejo, juga datang memadamkan api,” imbuh Kapolsek.

Selang beberapa waktu, sambung Kapolsek, api akhirnya berhasil padam. Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pihaknya menaksir kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

Saat ini, pihaknya telah memasangi garis polisi di sekitar TKP. Pihaknya juga telah mengambil sampel barang bukti dari lokasi kejadian. Kapolsek mengaku, dugaan sementara api berasal dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

“Awal sumber asap dan api tepat pada ruangan Kamar yang berdamping dengan kabel besar PLN,” tandas Kapolsek mengakhiri.

Komentar