Puluhan Jurnalis Antusias Ikuti Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 dengan KPU Paluta

Tapanuli Selatan-Puluhan jurnalis dari berbagai media, baik cetak dan elektronik, antusias mengikuti sosialisasi tahapan Pemilu 2024 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Selatan (Tapsel). Sosialisasi tersebut, berlangsung di Warkop keluarga, Paluta, Senin (18/09/2023) siang.

Pentingnya Peran Insan Pers

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Paluta, Kemri Syafi’i Nasution, menyebut seluruh insan pers yang ada di Kabupaten Tapsel punya peranan penting dalam menyampaikan perkembangan terkait tahapan Pemilu 2024 mendatang. Ia juga menjelaskan akan melakukan kerja sama dengan media dalam Pemilu 2024.

“Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat antara KPU Paluta dengan Insan Pers secara khusus,” jelasnya.

Media Garda Terdepan Sukseskan Pemilu 2024

Sementara, dalam pemaparan materi oleh Kasat Intelkam Polres Tapsel, AKP Eldi Koswara, ia menyampaikan, Pemilu adalah proses pemilihan pimpinan yang akan menentukan kebijakan publik untuk kesejahteraan rakyat secara menyeluruh.

“UU No.7 tahun 2017 masih menjadi dasar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Dalam tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 perlu peran serta media, sebagai garda terdepan dalam memberitakan perkembangan tahapan Pemilu serentak,” katanya.

Selain itu, lanjut Kasat, perkembangan tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan harus sampai kepada masyarakat secara utuh. Dan KPU juga dapat memberikan data yang faktual, sehingga berita yang sampai ke masyarakat adalah fakta yang sesungguhnya.

“Muaranya, Kamtibmas pada tahapan Pemilu 2024 sampai dengan Hari H pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Dan Hari H Pilkada pada 37 November 2024 tetap kondusif dan pelaksanaan Pemilu Serentak dapat berlangsung sesuai dengan harapan,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan pada wacana Pemilu 2024 mendatang akhir masa jabatan (AMJ) Gubernur Sumut berakhir pada Bulan September tahun 2023. Sementara untuk AMJ, Bupati Kabupaten Tapsel berakhir tahun 2024 dan untuk Pilkades di Tapsel di 107 Desa di 15 kecamatan pada Rabu tanggal 14 Desember 2022.

Di samping itu, ia juga menceritakan terkait pelaksanaan Pilkades dan Pilkada Tapsel selama ia menjabat jadi Kasat Intelkam. Menurutnya tidak pernah terjadi politik identitas yang dapat berdampak pada kisruhnya pelaksanaan Pilkades hingga Pilkada.

“Sedangkan untuk kerawanan secara umum di Tapsel, ia gambarkan kerawanan tingkat geografis. Misalnya, jarak tempuh dan medan menuju wilayah terpencil,” tutur Kasat.

Kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi dari Sekretaris Kesbangpol Tapsel, Azam Hasibuan, SH, terkait wacana pelaksanaan Pemilu 2024. Kemudian, peran serta media untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 dengan damai dan demokrasi.

“Hal itu, untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, anti money politik, politik SARA, dan Identitas,” imbuhnya.

Pemilu 2024 Menuju Demokrasi Berkualitas

Selanjutnya, Kasi Intel Kejari Tapsel, GM Panjaitan, SH, dengan materi transparansi Pemilu 2024 menuju demokrasi yang berkualitas. Usai Isoma, Komisioner KPU lain seperti, Syawaluddin Lubis dan Zul Hajji Siregar, melanjutkan pemaparan materi dalam sosialisasi tersebut.

Komentar