Pojok Pemilu, Penyidik Gakkumdu Polres Tapsel Sambangi Bawaslu

TAPANULI SELATAN – Dalam rangka Pojok Pemilu 2024, Penyidik Gakkumdu Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), sambangi Kantor Bawaslu setempat, Kamis (26/10/2023) sore.

Kedatangan Penyidik Gakkumdu Polres Tapsel ke Bawaslu, dalam rangka monitoring dan koordinasi di bidang pengawasan maupun penegakan hukum selama tahapan Pemilu 2024.

Kanit Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel, Ipda Ilham P Nasution, SH, MH, yang hadir dalam kegiatan tersebut menjabarkan hasil koordinasi antara pihaknya selaku Penyidik Gakkumdu dengan Bawaslu.

“Di mana, hingga saat ini Bawaslu belum miliki Kantor Pelayanan Sentra Gakkumdu di wilayah Kabupaten Tapsel,” terang Ilham.

Kemudian, lanjut Ilham, di wilayah Kabupaten Tapsel, ada salah satu Kecamatan yang menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan Pemilu serentak nanti. Yaitu Kecamatan Aek Bilah.

“Karena, kondisi infrastruktur Jalan dari Pasar Sipirok, menuju Aek bilah harus menempuh perjalanan selama 4 jam. Dan harus menggunakan kendaraan dengan medan terjal (Gardan dua-red),” tutur Ilham.

Ilham menerangkan, Hutan alami juga masih mengelilingi pemukiman penduduk di sana. Khusus di Desa Silangkitang, Kecamatan Aek Bilah, pada 2022 lalu, diduga pernah ada hewan buas menerkam warga.

“Sehingga, warga setempat kemudian di ungsikan untuk antisipasi kejadian yang sama tidak terulang lagi,” jelas Ilham.

Oleh karenanya, sebut Ilham, atas berbagai persoalan itu, pihaknya akan tetap melakukan koordinasi di lingkup Sentra Gakkumdu. Serta, pihaknya juga akan tetap memonitoring tahapan Pemilu 2024 di Tapsel.

“Selanjutnya, kami akan tetap lakukan kordinasi mendalam antara Sentra Gakkumdu dengan Pemkab Tapsel. Terutama terkait dengan lokasi pemungutan suara di masyarakat Kecamatan Aek Bilah,” tandasnya.

Komentar