Pimpin Simulasi Sispamkota, Kapolres Tapsel : Persiapan dan Suksesi Pemilu Damai

TAPANULI SELATAN – Dalam rangka persiapan dan suksesi Pemilu yang aman dan damai, Kapolres AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, memimpin simulasi Sispamkota di depan Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (17/10/2023) siang.

Dalam simulasi Sispamkota Pemilu 2024 damai ini, Kapolres Tapsel setidaknya memimpin dan mengarahkan langsung para personel menjalani dua skenario pengamanan.

Skenario pertama, menampilkan adegan pengamanan pelaksanaan pemungutan suara di Kantor KPU Tapsel dan Padang Lawas Utara (Paluta) pada Pemilu 2024 oleh personel Polri.

Di mana, personel dalam skenario pertama ini, terdiri dari Dalmas awal, lanjutan, dan lintas ganti. Sementara, di skenario kedua, menampilkan pengamanan massa yang mencuri barang di Ruko milik masyarakat.

Tim Opsnal Polres Tapsel dan Yon C Sat Brimob Polda Sumut, langsung memperagakan adegan demi adegan di skenario kedua ini. Dua skenario itu, berjalan sukses dan memukau para jajaran Forkopimda yang hadir pada simulasi Sispamkota.

Pengamanan Kericuhan Sispamkota

Usai kegiatan, Kapolres menjelaskan, bahwa simulasi Sispamkota memiliki tujuan untuk memantapkan berbagai kesiapan personel Polri dalam rangka menyambut Pemilu 2024 yang aman, damai, dan menggembirakan.

“Adapun poin penting dalam peragaan simulasi tadi yakni, terkait pengamanan kericuhan saat pelaksanaan Pemilu nanti,” sebut Kapolres.

Hal itu dapat terlihat saat adanya kemungkinan terjadinya unjuk rasa sebagai wujud ketidakpuasan para pendukung peserta Pemilu terhadap hasil pemungutan suara. Potensi konflik juga bisa muncul akibat ketegangan para pendukung peserta Pemilu.

Kemudian, lanjut Kapolres, ada juga aksi pengawalan surat serta kotak suara, dan tindakan pengamanan Kantor KPU seolah-olah ada serangan dari massa yang tidak terima akan hasil Pemilu itu sendiri.

Berbagai potensi kericuhan serta cara bertindak para personel, pihaknya telah menyajikannya dengan konsep yang terbaik dalam simulasi ini. Hal ini sebagai bentuk kesiapan Polres Tapsel menghadapi Pemilu 2024 nanti.

“Kendati demikian, kami tetap akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh stake holder yang ada. Guna terciptanya Pemilu yang damai. Kami juga menghimbau masyarakat untuk mendukung tugas Polri menciptakan pesta demokrasi yang menggembirakan,” tukas Kapolres.

Tampak hadir, Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, SSTP, MSi. Ketua DPRD Tapsel, H Abdul Basith Dalimunthe, SH. Kajari Tapsel, Siti Holija Harahap, SH, MH. Kajari Paluta, Hartam Ediyanto, SH, MH.

Lalu, Danyon C Sat Brimobdasu, Kompol Buala Zega, SH, MH. Asisten I Pemkab Tapsel, Hamdan Zen, SH. Pabung Kodim 0212/TS, Mayor Inf Hasbullah Pasaribu. Pasi Pers Yonif 123/RW, Lettu Inf Edi S Ritonga.

Selanjutnya, Wadanyon Sat Brimobdasu, AKP M Darwin Rambe, SH. General Manager Operational PT Agincourt Resources (AR), Rahmat Lubis. Para Pimpinan OPD Pemkab Tapsel dan Paluta. Serta, Pimpinan Ormas dan lainnya.

Komentar