Pengawasan Ketat Jelang Pilkada: TNI-POLRI Amankan Kegiatan PT. Toba Pulp Lestari

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, Pada hari Senin, 22 Juli 2024, pukul 07.00 WIB, personil gabungan Polri dan TNI melaksanakan patroli di lahan yang dikelola oleh PT. Toba Pulp Lestari (TPL) di Kecamatan Angkola Timur dan Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memastikan keamanan dan ketertiban jelang Pilkada 2024, dengan memberikan rasa aman kepada semua pihak terkait.

Sebanyak 6 anggota Polri dan 6 anggota TNI terlibat dalam patroli ini, mendampingi manajemen PT. TPL, termasuk Humas Suriadi Muda Siagian, dalam pengawasan kegiatan perawatan tanaman eucalyptus. Pada pukul 10.00 WIB, terjadi insiden di mana sekitar 15 warga dari Dusun Simarsara-sara, Desa Batangtura Julu, menghalangi pekerja dengan klaim bahwa lahan tersebut merupakan tanah ulayat mereka. Namun, setelah penjelasan dari Humas PT. TPL bahwa lahan tersebut berada dalam area konsesi resmi, warga akhirnya meninggalkan lokasi, dan pekerjaan dapat dilanjutkan.

Tim gabungan TNI-POLRI juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak mengganggu kegiatan PT. TPL dan memastikan bahwa pembersihan lahan dilakukan dengan mengutamakan kearifan lokal. Kegiatan ini menunjukkan komitmen Polri dan TNI dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilkada, menjaga kestabilan sosial dan mendukung kelancaran kegiatan industri yang penting bagi perekonomian lokal.

Patroli ini berhasil menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan PT. TPL, sekaligus mendukung upaya pilkada yang damai dan tertib dengan menghindari potensi konflik yang bisa memengaruhi situasi politik dan sosial di daerah tersebut.