Peluncuran Maskot Pilbup Tapsel 2024: Kompol Sisworo Tekankan Pentingnya Koordinasi dan Netralitas

TAPANULI SELATAN – Di peluncuran maskot dan jingle pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2024, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kabag Ops, Kompol Sisworo, SH, MH, berpesan ke KPU sebagai penyelenggara, agar tetap menjaga independensi.

“Kepada KPU Tapsel, harapan kami agar kiranya tetap jaga independensi, integritas, netralitas, dan laksanakan sesuai dengan tahapan yang ada,” harap Kabag Ops saat peluncuran maskot dan jingle Pilbup 2024, pada Selasa (04/06/2024) sore.

“KPU harus membangun kepercayaan kepada masyarakat dan para peserta Pilkada 2024. Yaitu, dengan cara bekerja secara maksimal, transparan, jujur, dan adil,” tambahnya dalam acara yang berlangsung di Sopo Daganak, Batang Toru, Tapsel itu.

Maka, untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan Pilkada Tapsel 2024, ia meminta agar semua pihak terkait, bisa mempedomani dan laksanakan beberapa hal. Pertama, menjaga netralitas dalam arti tidak memihak salah satu pasangan calon (Paslon).

“Atau, menyalahgunakan wewenang jabatannya dalam memuluskan salah satu Paslon. Setiap komponen pelaksana Pilkada 2024 harus saling melaksanakan koordinasi. Supaya, tercipta suasana pilkada yang aman dan damai,” terangnya.

Kemudian, pintanya, pedomani PKPU No.2/2024 sebagai landasan dalam mengambil tindakan setiap tahapan. Ia berharap kepada setiap komponen pelaksana Pilkada 2024 dapat melaksanakan early warning (deteksi dini) di setiap pelaksanaan tahapan.

“Baik itu tahapan Pilkada dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, hingga Kabupaten. Dengan semangat dan keikhlasan dalam rangka peluncuran maskot dan jingle pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, semoga ini menjadi nilai obadah di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa,” tukasnya.

Tahapan Masih Terus Berjalan

Sebelumnya, Ketua KPU Tapsel, Zul Hajji Siregar, dalam sambutannya, memaparkan bahwa, meski tahapan Pilkada telah berjalan saat ini, namun menurutnya rangkaian tahapan Pileg dan Pilpres Februari 2024 kemarin, masih terus berjalan.

Sedangkan untuk tahapan Pilkada, sebutnya, telah memasuki tahapan pencalonan perserongan Bupati dan Wakil Bupati. Namun, semua harus berjalan beriringan sebagai bentuk kesiapan KPU Tapsel. Sehingga, peluncuran tersebut bisa terlaksana.

“Mari kita gaungkan agenda Nasional dalam kontestasi pemilihan Kepala Daerah yaitu Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,” ajaknya.

Zul Hajji memaparkan, peluncuran maskot dan jingle telah terlaksana, usai melalui tahapan perlombaan. Dan dari hasil lomba pembuatan maskot, telah terpilih yang terbaik dengan arti berani dan kuat terhadap program tahapan berikutnya.

“Mari sama-sama bergandengan tangan untuk menyukseskan Pilkada yang damai, aman, dan sejuk di Kabupaten Tapanuli Selatan ini,” tandasnya.

Ketua Bawaslu Tapsel, Taufik Hidayat, juga menyampaikan hal senada. Dia mengajak segenap pihak terkait, agar meningkatkan partisipasi masyarakat di setiap tahapan pemilihan Pilkada Tapsel ini.

Gunakan Anggaran dengan Bijak

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan Keuangan Logistik KPU Sumut, Kotaris Banurea, mengaku bangga. Karena KPU Tapsel beserta Forkompimda sangat terlihat sangat kompak dalam rangka suksesi Pilkada 2024.

“Semoga ke depan, tetap terjalin kekompakan ini dengan baik. Kami berpesan, agar gunakan anggaran dengan bijak. Karena, KPU di Kota atau Kabupaten bisa mengeksekusi anggara di tiap tahapan. Terakhir, mari kita layani masyarakat ataupun peserta Pilkada denga baik,” ungkap Kotaris.

Tampak hadir, Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu. Sekertaris KPU Tapsel, Riski Hastuti Ritonga. Kasat Intelkam Polres Tapsel, Iptu Oloan Lubis, SH. Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH. Kasi Intel Kejari Tapsel, GM Panjaitan. Camat se-Tapsel. Para Komisioner KPU Tapsel. Pimpinan Parpol dan pemilih pemula.

Komentar