Mimpi Tukang Pangkas untuk Sukses, Kini Jadi Kapolres Tapsel  

TAPANULI SELATAN – Siapa sangka, mimpi untuk sukses dari seorang anak yang dahulu pernah jadi tukang pangkas, kini benar-benar jadi kenyataan, karena telah menjabat sebagai Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel).

Anak yang dahulu sempat jadi tukang pangkas dan punya mimpi untuk sukses hingga kini menjabat sebagai Kapolres Tapsel itu bernama, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH. Anda tidak salah mendengarnya.

Persis sewaktu ia mondok di Pesantren Darul Mursyid, Kabupaten Tapsel, Yasir Ahmadi kecil, sempat memangkas teman-temannya sesama santri untuk tambahan uang jajan.

Sebagai putera asli kelahiran Kota Padansidimpuan 41 tahun silam, Yasir Ahmadi, berlatar belakang dari keluarga yang hidup sederhana. Makanya, ia sudah terbiasa bekerja keras termasuk, memangkas teman-temannya di Pesantren.

“Betul itu (memangkas) kawan-kawannya. Iyalah (untuk tambahan uang jajan),” kata Ibunda Yasir Ahmadi, Hj Farida Hanum Matondang, mengisahkan kehidupan buah hatinya ke Tim Kreatif pionernews.com di Rumah Tahfidz gratis milik keluarga Alm Ustad H Ahmad Syaukani di Sadabuan, Kota Padangsidimpuan, baru-baru ini.

Sewaktu kecil pula, Yasir Ahmadi, juga tak sungkan untuk membantu Ibundanya berjualan Lontong dan Agar-agar. Kemauan itu, datang dari Yasir Ahmadi sendiri, karena melihat Ibundanya yang bersusah payah mencari uang untuk biaya Sekolah.

“Yasir ini, rajin loh (membantu cuci piring). Rajin dia. Siapa yang makan Lontong, piringnya, Yasir yang nyuci. Yang (makan) Agar-agar, juga Yasir yang nyuci. Dulu saya jualan Lontong laris kali. Setiap hari Minggu jualan Lontong, Agar-agar, Mie. Semua laris,” bebernya.

Bahkan, demi membantu Ibundanya, Yasir Ahmadi juga tak sungkan untuk berjualan beras. Serta, jualan pakaian dari pintu ke pintu Rumah warga demi berjuang bersama Ibundanya untuk membantu biaya Sekolahnya.

Sekolahkan Dua Adik hingga Jadi Dokter

Yasir Ahmadi merupakan anak kedua dari 5 bersaudara, buah hati pasangan Alm Ustad H Ahmad Syaukani dan Hj Farida Hanum Matondang. Kakak kandungnya, Sri Rahmadani, yang merupakan seorang ASN di Dumai, Provinsi Riau.

Kemudian, Adik kandungnya atau anak ketiga, Imam Abdulhadi, juga seorang ASN di Kota Medan. Sedangkan dua orang Adiknya lagi atau anak ketiga dan keempat, masing-masing Nur Akmal Hayati serta Ati Naili Azmi. Kedua Adiknya ini sama-sama berprofesi sebagai seorang dokter.

Hj Farida Hanum Matondang, juga membenarkan, bahwa kedua Anaknya yang kini menjadi dokter, tak terlepas dari bantuan dan jerih payah Yasir Ahmadi dalam menyekolahkan. Semenjak Yasir Ahmadi menjadi Polisi, ia membantu orangtuanya untuk menyekolahkan dua orang Adiknya hingga menjadi dokter.

Saat kecil, Yasir Ahmadi mengenyam pendidikan awal di SD Negeri 15 Kota Padangsidimpuan. Setamat Sekolah Dasar, Yasir Ahmadi mondok di Pondok Pesantren Darul Mursyid, Kabupaten Tapsel selama 3 tahun.

Usai mengenyam pendidikan sebagai santri, Yasir Ahmadi melanjutkan pendidikannya ke SMA Plus Negeri 1 Matauli di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Setelahnya, Yasir Ahmadi mendaftar ke Akpol dan lulus pada 2005, dan saat ini menjabat sebagai Kapolres Tapsel.

Hj Farida Hanum Matondang berharap, agar kiranya selama Yasir Ahmadi menjabat Kapolres Tapsel mendapat kelancaran, kemudahan, dan kesuksesan dalam tugas-tugasnya.

“Jangan pernah pesimis atau putus asa. Karena, anak kami dari orang yang biasa-biasa bisa masuk Akpol, bahkan jadi Kapolres,” terangnya sambil berderai air mata haru melihat kesuksesan mendidik anaknya itu.

Komentar