Longsor di Gapuktua, Polsek Batang Toru Bantu Warga Bersihkan Jalan

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Bhabinkamtibmas Polsek Batang Toru bahu-membahu dengan Babinsa dan warga, bersihkan Jalan di Desa Gapuktua, Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan (Tapsel), yang tertimbun tanah longsor, pada Selasa (21/05/2024) pagi.

Selain itu, Kepala Desa dan BPBD Tapsel juga ikut terjun bersama Bhabinkamtibmas Polsek Batang Toru, Babinsa, dan warga, guna bersihkan material longsor yang menutupi badan Jalan di Desa Gapuktua.

“Proses pembersihan material longsor ini berlangsung lebih kurang sepanjang 30 Meter di badan Jalan. Persisnya di Kampung Aek Bustak, Desa Gapuktua,” kata Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH.

Berkat kesigapan dari personel TNI-Polri, pemerintah, dan warga setempat itu, kini kenderaan roda dua, sudah bisa melintasi akses Jalan di lokasi tersebut. Khusus roda empat jenis L300, juga sudah bisa melintas di sana.

Agar pembersihan bisa berlangsung maksimal, kata Kapolsek, pihak BPBD Tapsel berupaya menghadirkan satu unit alat berat. Namun, alat berat tersebut juga masih membantu proses pembersihan material longsor di tempat yang lain.

“Akibat musibah ini, ada tiang listrik milik PLN yang tumbang. Dan saat ini, petugas di lapangan telah menghubungi PLN Kantor Jaga Batang Toru terkait hal tersebut. Dan saat ini, masih menunggu PLN dari Padangsidimpuan untuk penanganannya,” terang Kapolsek.

Kapolsek menerangkan, bahwa ada 3 Jalan lintas alternatif lalu lintas menuju Kampung Aek Bustak di Desa Gapuktua tersebut. Menurut Kapolsek, musibah ini terjadi, akibat guyuran hujan deras di lokasi, pada Senin (20/05/2024) malam.

“Material tanah yang tergerus hujan, mengakibatkan longsor dan menutupi badan Jalan di lokasi,” tutup Kapolsek.