Kenderaan Masih Sulit Lalui Batu Jomba Tapsel, Ada Apa Sebenarnya?

Kenderaan Masih Sulit Lalui Batu Jomba Tapsel, Ada Apa Sebenarnya?

Tapanuli Selatan-Akses Jalan Lintas di Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), masih menjadi momok bagi sejumlah pengguna jalan untuk melintasinya. Terutama, pada akhir-akhir ini musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Tak sedikit kenderaan terhenti, mengantre, hingga terpaksa mendapat bantuan dengan derekan kenderaan lain agar mampu menanjak di tanjakan Batu Jomba, Kabupaten Tapsel. Akibat hujan deras hingga akses Jalan licin dan bayang-bayang tanah longsor, membuat pengendara berpikir dua kali untuk melintas di kawasan tersebut.

Laporkan Langsung : Kasat Lantas AKP Sofyan Helmi Nasution, melaporkan langsung situasi terkini Batu Jomba

Seperti halnya pada Minggu (11/12/2022) sekira pukul 02.18 WIB. Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Sofyan Helmi Nasution, SH, melaporkan langsung situasi terkini ke masyarakat dari akses Jalan Batu Jomba.

Di tengah rintik hujan yang turun saat itu, Kasat menuturkan bahwa, puluhan kenderaan terpaksa berhenti dan mengantre di Batu Jomba. Kenderaan dari arah Tarutung menuju Padangsidimpuan, masih agak takut menanjak di tanjakan Batu Jomba.

“Ada beberapa kenderaan yang tidak berani lewat,” kata Kasat.

Antrean Kenderaan 800 Meter

Meski begitu, lanjut Kasat, saat itu ada satu unit Truk yang bersedia membantu kenderaan lain untuk menanjak di tanjakan Batu Jomba. Walau antrean kenderaan terjadi lebih kurang 800 Meter, sambung Kasat, namun situasi masih terkendali.

“Mobil gerdang dua (cenderung) bisa naik (menanjak),” imbuh Kasat.

Kasat Tunjukkan : Kasat Lantas AKP Sofyan Helmi Nasution, tunjukkan kenderaan gerdang dua yang bisa naik/menanjak

Kasat menambahkan, untuk mobil yang ukuran agak kecil, masih kesulitan untuk menanjak. Sehingga, terpaksa harus mendapat derekan dari Truk yang bersedia membantu di lokasi.

“Jadi, alhamdulillah untuk saat ini ada kenderaan (Truk) yang bersedia untuk menarik kenderaan lain untuk dapat menanjak/naik,” tutupnya.

Sebagai informasi, selain tanjakan ekstrem, kondisi jalan yang agak rusak menambah rasa takut pengendara untuk melintas. Oleh karenanya, personel Sat Lantas Polres Tapsel hadir guna mengatur dan menjaga arus lalu lintas agar tetap lancar di lokasi.

Komentar