Kasi Propam Tapsel Ajak Masyarakat Cerdas Saring Informasi di Tengah Tahun Politik

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kasi Propam Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP R Trihardjanto, SH, ajak masyarakat agar cerdas dalam menyaring informasi.

“Kenapa masyarakat harus cerdas menyaring informasi, sebab di tahun politik saat ini, tak sedikit berita hoaks mendadak muncul di tengah publik,” ungkap Kasi Propam saat gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Kamis (08/08/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Panompuan Jae, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel ini, Kasi Propam juga ingatkan masyarakat, agar tak sembarang membagikan sebuah informasi.

“Sebab, jika informasi yang kita bagikan bernada hoaks, ujaran kebencian, black campaign, hingga isu SARA, bisa saja berujung ke perbuatan pidana,” tegasnya.

Untuk itu, ia menghimbau ke segenap masyarakat, agar betul-betul hati-hat. Terutama, dalam membagikan informasi, baik di media sosial atau di dunia maya lain. Karena, tidak selamanya apa yang terlihat, sesuai fakta di Lapangan.

“Mari, kita jaga suasana Kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Pilkada serentak 2024 ini,” ajaknya.

Tak lupa, Kasi Propam juga sampaikan tentang program Kapolres Tapsel, terkait jihad melawan narkoba serta pemberantasan perjudian. Pihaknya berharap, masyarakat mendukung upaya Polri menekan kedua hal itu.

“Bilamana ada yang mengetahui pemain atau bandar narkoba atau aktivitas perjudian, laporkan ke kami. Sekalipun yang terlibat personel kami, silahkan laporkan. Pasti akan kami tindak tegas,” tutur Kasi Propam.

Terakhir, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menjaga suasana harmonis di tengah-tengah keluarga. Hindari pertengkaran yang dapat memicu kekerasan dalam Rumah Tangga.

“Manakala terjadi KDRT atau tindak pidana perlindungan perempuan dan anak, hendaknya diselesaikan secara kekeluargaan dahulu. Sebab, jika sudah masuk ke pelaporan, maka akan lebih panjang alur penyelesaiannya,” tutup Kasi Propam.

Komentar