Kasat Resnarkoba Tapsel Ajak Masyarakat Bersatu Lawan Bandar Narkoba: Jangan Takut Melapor!

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id,  PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Danil Saragih, SH, MH, menghimbau kepada para orangtua agar jangan biarkan anak di bawah umur bawa sepeda motor.

“Jangan biarkan anak kita yang masih di bawah umur dan belum memiliki SIM (surat izin mengemudi-red) untuk bawa sepeda motor,” himbau Kasat Lantas di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Kantor Desa Naga Saribu, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sabtu (24/08/2024).

Sebab, menurut Kasat, ketika anak di bawah umur membawa kenderaan bermotor, khususnya roda dua, maka emosinya cenderung belum stabil. Hal ini bisa berakibat fatal dengan terjadinya kecelakaan lalulintas di jalan raya.

“Sebaiknya, anak kita boleh membawa kenderaan bermotor ketika sudah memiliki SIM,” tutur Kasat.

Kepada para orang tua, Kasat juga menghimbau untuk menyampaikan juga kepada anak-anaknya supaya tertib berlalulintas dan menggunakan Helm saat berkendara roda dua. Sebab, korban kecelakaan roda dua hingga meninggal dunia, acap kali tidak menggunakan helm.

Dia juga mengajak kepada segenap masyarakat untuk jadi pelopor tertib berlalulintas. Dengan menjadi pelopor tertib berlalulintas, maka harapannya masyarakat akan memiliki kesadaran untuk mematuhi setiap peraturan lalulintas yang ada.

Sebelumnya, Kasat menjelaskan bahwa baru-baru ini, selama 14 hari, pihaknya telah menggelar Operasi Patuh Toba 2024. Selama Operasi ini, menurut Kasat, angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Tapsel menjadi yang tertinggi.

“Yaitu sebanyak 6 kasus kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 8 orang. Artinya, hal ini perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak termasuk masyarakat umum,” jelas Kasat.

Cooling System Pilkada Damai

Dalam kesempatan ini, Kasat juga menyampaikan bahwa tujuan dari gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta ini salah satunya untuk cooling system demi terciptanya Pilkada damai. Maka, ia mengajak untuk ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Kami berharap, masyarakat jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak benar atau hoaks. Karena, itu dapat menimbulkan perpecahan di antara kita. Padahal, kita semua bersaudara dalam bingkai Dalihan Natolu,” sebut Kasat.

Sesi Tanya Jawab

Kasat juga sempat menjawab pertanyaan dari masyarakat, yang menanyakan terkait pemberantasan tempat produksi narkoba. Menurut Kasat, kebanyakan produksi narkoba, khususnya sabu-sabu terjadi di luar negeri.

“Jadi kita lakukan upaya penangkapan dan kami harap masyarakat bisa beri informasi jika tau peredaran narkoba. Harapan kami juga, Polri dapat bekerjasama dengan semua unsur dalam memberantas barkoba ini,” tegasnya.

Kasat juga memastikan ke segenap masyarakat, bahwa Polri saat ini sudah sangat transparan dalam menangani perkara khususnya narkoba. Masyarakat bisa mengakses internet terkait pelimpahan tersangka narkoba di Polres Tapsel ke Jaksa.

“Jadi, kita tidak hanya menindak. Tapi, kita juga berupaya maksimal untuk menuntaskan berbagai kasus, terkhusus narkoba ini dengan cara melimpahkannya ke Kejaksaan,” tutup Kasat.

Komentar