Kasat Lantas Sukses Padukan Komunikasi Interaktif dalam Gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Danil Saragih, SH, MH, sukses padukan komunikasi interaktif secara dua arah dengan masyarakat, pada Kamis (05/09/2024).

Berkat sukses komunikasi interaktif, masyarakat yang hadir dalam gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Kantor Lurah Sayur Matinggi, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, mendapat jawaban atas permasalahan dari Kasat Lantas.

Salah satu dari sekian pertanyaannya, yaitu bagaimana sikap masyarakat, jika ada melihat orang luar Kampung yang dengan seenaknya memakai narkoba di lingkungan tertentu. Maka, Kasat meminta masyarakat, supaya berkoordinasi dengan perangkat Kelurahan atau Bhabinkamtibmas.

“Guna penanganan dan tindakan ke pengguna narkona di Kelurahan Sayur Matinggi, silahkan koordinasi kepada perangkat Kelurahan atau Bhabinkamtibmas,” ucap Kasat.

Apalagi, lanjut Kasat, Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, memiliki program unggulan, yaitu berjihad melawan narkoba. Maka, dukungan masyarakat dengan berani melaporkan siapapun oknum yang terlibat narkoba, adalah suatu hal yang penting.

“Sehingga, harapan kami masyarakat dapat mendukung program jihad melawan narkoba ini. Silahkan laporkan ke kami jika ada temukan penyalahgunaan atau peredaran narkoba. Meskipun itu yang terlibat personel kami, pasti kami tindak tegas,” tegasnya.

Ia menjamin, bagi masyarakat yang berani melaporkan peredaran ataupun penyalahgunaan narkoba, pasti akan mendapat jaminan dan perlindungan hukum. Bila masyarakat ragu untuk melakukannya, maka setidaknya bisa menghubungi Bhabinkamtibmas.

Biar nanti, Bhabinkamtibmas yang akan berkoordinasi dengan personel lain untuk melakukan penindakan. Ia mengharapkan agar masyarakat dapat menjadi Polisi bagi diri sendiri dan keluarga.

“Kami mengajak untuk kembali galakan Siskamling demi menjamin ketertiban dan pencegahan penyalahgunaan narkotika,” bebernya.

Hindari Akses Via Batu Jomba untuk Sementara

Dalam kesempatan itu, Kasat juga menginformasikan ke masyarakat agar gunakan akses jalan alternatif lain, selain melintasi kawasan Batu Jomba di Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan. Masyarakat, bisa gunakan akses via Sibolga atau Gunung Tua.

“Sebab, beberapa waktu lalu sempat terjadi kemacetan parah di kawasan Jalan Nasional Batu Jomba. Apalagi, kondisi cuaca saat ini terbilang curah hujannya cukup tinggi. Ini makin memperparah akses di jalur ekstrem Batu Jomba yang rusak parah tersebut,” tambahnya.

Kesadaran Tertib Berlalulintas

Pada kesempatan ini, Kasat meminta para pengendara roda dua agar selalu memakai helm SNI ketika berkendara di jalan raya. Menurutnya, helm salah satu instrumen penting demi lindungi organ vital manusia yaitu kepala saat kecelakaan.

Kasat berharap, dengan timbulnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan helm, maka dapat menekan angka fatalitas kecelakaan lalulintas. Tak lupa, ia juga ingatkan masyarakat agar selalu patuhi peraturan lalulintas lain.

Selain patuhi aturan, Kasat juga meminta masyarakat, agar tertib dalam setiap berlalulintas di jalan raya. Agar, masyarakat selamat dalam berkendara di jalan raya dan terhindar dari kecelakaan.

Menurut Kasat lagi, selama 14 hari Operasi Patuh Toba kemarin, wilayah hukum Polres Tapsel ada 6 kasus kecelakaan lalulintas dengan menelan korban jiwa 8 orang. Kasus kecelakaan ini, merupakan yang tertinggi dalam Operasi Patuh Toba.

“Oleh karenanya, kami imbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan dan tertib dalam berlalulintas,” terang AKP Danil.

Cooling System Pilkada

Kasat juga menjelaskan tujuan gerakan Jelajah Huta yang digagas Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, itu. Di mana, kata Kasat, gerakan Kapolres Jelajah Huta ini merupakan upaya cooling system Polres Tapsel dalam rangka menciptakan Pilkada damai dan kondusif.

Selain itu, tujuannya juga menampung, menjawab aspirasi, maupun keluhan masyarakat seputar Kamtibmas. Dia juga mengharap masyarakat, jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak benar atau hoaks.

“Sebab, hal ini dapat menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Serta, mari sama-sama kita tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif,” ajak Kasat.

Di sisi lain, Kasat juga menjelaskan bahwa, Polri sudah melakukan upaya perubahan internal secara signifikan. Yang mana, dewasa ini, Polri tidak lagi anti kritik dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Bahkan, di tingkat Polda Sumut juga kerap melakukan pembersihan internal dengan melakukan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap personel atas penyalahgunaan narkoba,” pungkas Kasat.

Komentar