Kapolres Tapsel Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana 2024

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATANKapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, memimpin Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana tahun 2024, pada Senin (03/06/2024) pagi.

Kapolres, menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang berlangsung di Lapangan Parade, Perkantoran Pemkab Tapsel itu.

Berbagai unsur Forkopimda mulai dari TNI, Polri, Kejaksaan, Pemkab Tapsel, para Tokoh, Ormas, dan masyarakat, turut hadir dalam gelaran Apel tersebut. Pelaksanaan Apel berlangsung khidmat.

Usai kegiatan, Kapolres mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukur sejauh mana rasa kesiapsiagaan semua pihak, baik itu TNI, Polri, Kejaksaan, Pemkab Tapsel, dan stakeholder lainnya saat hadapi bencana.

Menurutnya, selain respon cepat, segenap pihak harus tangguh dalam menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Tapsel. Dalam kegiatan ini, pihaknya juga mengukur sejauh mana langkah tiap individu ketika menghadapi bencana.

“Mengingat banyaknya potensi bencana di Kabupaten Tapsel seperti, banjir, tanah longsor, hingga kebakaran hutan dan lahan, maupun lainnya, kita harus melatih respon untuk tanggap menanggulangi bencana,” ungkap Kapolres.

Selain semua itu, lanjut Kapolres, perlengkapan sarana dan prasarana dalam menghadapi bencana, juga harus mendukung. Oleh karenanya, pihaknya dalam kesempatan ini memberikan apresiasi kepada Tim terbaik dalam hal penyiapan sarana dan prasarana hadapi bencana.

“Tadi sama kita saksikan penyerahan hadiah ke para peraih juara lomba pasang tenda. Ini merupakan wujud apresiasi akan kesiapsiagaan sebuah Tim menghadapi dan mengantisipasi potensi bencana,” urainya.

Petakan Lokasi Rawan Bencana

Khusus kepada stakeholder terkait, ia berpesan agar mulai memetakan daerah atau lokasi rawan bencana. Agar ke depan, penanggulangan bencana alam dapat berjalan optimal. Kapolres juga mengingatkan tentang potensi bencana alam yang kian kompleks.

Selain akibat ulah manusia, sebut Kapolres, bencana alam akhir-akhir ini juga dapat terjadi akibat dampak dari perubahan iklim. Untuk itu menurut Kapolres, setiap individu, khususnya stakeholder yang berkaitan dengan penanggulangan bencana harus terus melatih diri.

“Mengingat potensi bencana yang dinamis, semua pihak harus memiliki kesadaran akan kesiapsiagaan hadapi bencana. Semua ini, tujuannya dalam rangka mitigasi resiko dan meminimalisir korban jiwa dan harta akibat bencana,” pungkasnya.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara yakni, Danramil 02/Sipirok, Kapten Arh Pahlawan Nasution. Sedangkan Komandan Upacara yakni, Kalaksa BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay. Tampak hadir, Sekda Tapsel, Sofyan Adil. Pasi Ops Yon C Sat Brimob Poldasu, AKP Maratoga Siagian.

Selanjutnya, Kasdim 0212/TS, Mayor Inf Hasbullah Pasaribu. Jaksa Pungsional Kejari Tapsel, A Pasaribu. Danki Ban Yon 123/RW, Kapten Dani Cahyono. Perwakilan Sub Denpom 1/2-3 Padangsidimpuan, Serka B Simanjuntak, dan lainnya.

Komentar