Kapolres Tapsel Jelajah Huta: Masyarakat Diminta Waspadai Hoaks dan Isu SARA

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATANKapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kasat Intelkam, Iptu Oloan Lubis, SH, mengingatkan masyarakat agar jangan mudah terprovokasi berita hoaks jelang Pilkada serentak 2024.

“Jelang Pilkada, akan banyak berita atau informasi hoaks, jangan mudah percaya, apalagi terprovokasi akan hal tersebut,” pinta Iptu Oloan dalam arahannya ke masyarakat di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Jumat (09/08/2024) siang.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Lurah Sempurna, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel ini, Iptu Oloan juga mengingatkan masyarakat agar jangan mudah menyebarkan berita hoaks, ujaran kebencian, black campaign, maupun isu SARA.

“Sebab, saat ini orang per orang sudah memiliki media sosial. Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai, gara-gara informasi yang kita bagikan, membuat suatu perpecahan dan suasana tidak kondusif di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Ia mengajak ke masyarakat, supaya tetap menjaga Kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif jelang Pilkada ini. Jauhi berbagai konflik yang dapat memicu kegaduhan. Perbedaan dalam pilihan dan pendapat, kata Kasat, ialah suatu keniscayaan.

“Namun, jadikan perbedaan pendapat itu menjadi hal yang baik untuk menuju persatuan dan kesatuan dalam bingkai Dalihan Natolu,” tutup Kasat.

Jihad Melawan Narkoba

Sementara itu, KBO Sat Resnarkoha Polres Tapsel, Ipda TP Saragih, SH, dengan lantang menyuarakan seruan jihad melawan narkoba. Menurutnya, pemberantasan narkoba ini, adalah tugas bersama guna menekan dampak buruknya ke generasi muda.

“Kemudian, minimalisir pertengkaran atau perbedaan pendapat dengan penyelesaian secara baik. Hindari juga KDRT yang dapat merusak masa depan anak,” ajaknya.

Terkait judi online dan offline, KBO mengingatkan bahwa hal tersebut tak akan pernah menjadikan manusia menjadi lebih baik taraf ekonominya. Justru akibat judi, secara perlahan dapat merusak keharmonisan dalam rumah tangga.

“Terakhir, kami menghimbau kepada masyarakat, agar meningkatkan kepatuhan berlalulintas dalam mengendarai kendaraan. Supaya, dapat meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya,” pungkas KBO.