Kakek 64 Tahun Temukan Solusi Narkoba di Kampungnya lewat Gerakan Jelajah Huta Polres Tapsel

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Keresahan seorang Kakek berusia 64 tahun, Sutan Kasahatan Siregar, akan peredaran narkoba yang mulai merambah di Kampungnya, kini sudah terjawab berkat adanya gerakan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) Jelajah Huta.

Di mana, Kabag SDM Polres Tapsel, AKP Sumanto Naibaho, SH, hadir langsung menjamin bahwa keresahan Kakek yang juga Tokoh Masyarakat terkait peredaran narkoba di Kampungnya itu terjawab akan segera di atasi di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Senin (05/08/2024).

“Sejauh mana kekuatan kami dalam mendukung program Bapak Kapolres, AKBP Yasir Ahmadi, dalam berjihad melawan narkoba itu?” tanya Sutan di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Desa Hutabaru Siagian, Kecamatan Batang Toru.

Lantas, Kabag SDM menjawab pertanyaan Kakek Sutan agar jangan sungkan melaporkan setiap adanya peredaran atau penyalahgunaan narkoba ke Polisi. Tidak harus ke Polres Tapsel. Bisa melalui Bhabinkamtibmas yang selalu siaga di setiap Kampung.

“Jadi, Bapak bisa menghubungi dahulu Kepala Lingkungan. Nanti, baru Kepala Lingkungan yang meneruskan ke Kepala Desa atau Bhabinkamtibmas. Nanti personel kami, baik dari Polsek atau Polres yang akan menangani,” jelas Kabag SDM.

Kemudian, Kabag SDM juga menjawab soal keresahan warga lain, yaitu Ibu Hotna Marito (35). Di mana, Ibu Hotna mengkhawatirkan akan kecelakaan lalulintas yang kerap terjadi di Desa Hutabaru Siagian.

Kata Kabag SDM, secepatnya, ia akan mengkoordinasikan ke Sat Lantas Polres Tapsel untuk memasang himbauan untuk berhati-hati saat berkendara. Dengan demikian, harapannya dapat meminimalisir kecelakaan lalulintas.

“Adapun keluhan Ibu Hotna terkait masalah Jalan rusak yang berakibat pada kecelakaan, nanti akan kita sampaikan ke Pimpinan. Selanjutnya, nanti akan koordinasi dengan instansi terkait supaya segera dapat perhatian,” terangnya.

Menampung dan Menjawab Aspirasi Masyarakat

Sebelumnya, Kabag SDM menjelaskan, tujuan dari gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta ini adalah menampung dan menjawab berbagai keluhan masyarakat seputar Kamtibmas. Selain soal pencegahan narkoba dan kecelakaan lalulintas, ia juga berikan himbauan terkait cooling system jelang Pilkada 2024.

Ia menghimbau masyarakat, untuk tetap menjaga suasana yang aman, damai, dan kondusif jelang Pilkada serentak 2024 ini. Guna menjaga suasana yang kondusif, pihaknya menekankan masyarakat agar jangan menyebarkan informasi hoaks, ujaran kebencian, atau black campaign.

“Bilamana terjadi tindak pidana yang berkaitan dengan Pilkada, laporkan sesuai prosedur. Contohnya ke aparat yang berwenang menanganinya seperti, Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan,” tutur Kabag SDM.

Gunakan Anggaran Desa Tepat Sasaran

Kepada Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya, Kabag SDM meminta agar tidak bermain mata terhadap oknum-oknum yang ingin manfaatkan kewenangan. Karena hal tersebut akan merugikan diri Kades sendiri.bahwa

“Para Kades kami harap agar gunakan anggaran Desa sesuai peruntukannya. Jangan gunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Karena hal tersebut akan bertentangan dengan hukum,” ucapnya.

Pencegahan Perjudian

Ia juga menyinggung soal maraknya permainan judi, baik online maupun offline akhir-akhir ini. Kabag SDM mengaku, itu semua merusak sendi kehidupan bermasyarakat. Dan, bagi siapa saja yang bermain di dalamnya kami akan tegakkan hukum.

“Termasuk bagi personel kami sendiri, jika ada yang terlibat dalam permainan judi ini, pasti kami tindak tegas,” tegas Kabag SDM.

Hindari Pertengkaran Keluarga

Terakhir, Kabag SDM berpesan agar masing-masing keluarga menghindari pertengkaran yang mana hal tersebut dapat menjurus kepada tindak KDRT maupun perlindungan perempuan dan anak.

“Jika hal itu terjadi, kiranya diselesaikan terlebih dahulu secara kekeluargaan,” pungkas Kabag SDM.

Komentar