Kabag Ops Polres Tapsel Hadiri Pelantikan 267 Anggota PPS Pilkada

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Kompol Sisworo, SH, MH, menghadiri acara pelantikan sebanyak 267 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pilkada serentak 2024 mendatang, Minggu (26/05/2024) pagi.

Pelantikan 267 anggota PPS Pilkada 2024 yang dihadiri Kabag Ops Polres Tapsel ini, berlangsung di Galanggang Naso Marrongit Bagas Godang Janji Mauli MT, Kecamatan Angkola Muaratais. Selain pelantikan, 267 anggota PPS ini juga melakukan pengambilan sumpah jabatan.

“Selamat dan sukses kepada Panitia Pemungutan Suara yang hari ini telah melaksanakan pelantikan maupun pengambilan sumpah atau janji jabatan,” ungkap Kompol Sisworo.

Kabag Ops mengingatkan, setelah pelantikan ini, para anggota PPS bukan lagi masyarakat biasa. Namun sudah menjadi penyelenggara Pilkada. Maka, jaga sikap perilaku yang menggambarkan penyelenggara Pemilu di masyarakat.

“Tadi para PPS juga melaksanakan penandatanganan pakta integritas dan agenda lainnya. Jangan hanya jadikan kegiatan ini, seremonial saja. Tetapi para anggota PPS harus memegang teguh janji jabatan sesuai dengan kepercayaan masing-masing,” tegasnya.

“Mari kita jadikan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Tapanuli Selatan ini agar tetap aman, damai, dan kondusif. Serta, sebisa mungkin, para anggota PPS hendaknya menghindari terjadinya pelanggaran saat bertugas,” tutup Kabag Ops menambahkan.

Junjung Tinggi Integritas dan Hindari Pelanggaran

Sebelumnya, Ketua KPU Tapsel, Zulhajji Siregar, mengucapkan terima kasih ke para anggota PPS yang telah hadir dalam pelantikan, pengambilan sumpah janji, dan penandatanganan pakta integritas ini.

“Selamat kepada anggota Panitia Pemungutan Suara yang telah lulus melewati tahapan hingga pelantikan hari ini,” sebutnya.

Menjadi penyelenggaraan Pilkada, kata Zulhajji, harus menjunjung tinggi integritas dan komitmen. Agar, tidak ada yang melanggar peraturan sesuai ketetapan KPU. Terutama, sesuai dengan pakta integritas yang ada.

“Jadikan pekerjaan ini sebagai ladang ibadah. Sebagai informasi, untuk tahapan Pilkada yang berlangsung di Kabupaten Tapanuli Selatan ialah adanya calon perseorangan dalam pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati. Sehingga, mari sama-sama kita bekerja,” ajaknya.

Terakhir, Zulhajji menjelaskan bahwa, dasar kegiatan ini salah satunya ialah pengumuman KPU Tapsel No.945/PP.04.01-Pu/1204/4/2024 tanggal 25 Mei 2024. Di mana, pengumuman ini berisi tentang hasil penetapan seleksi calon anggota PPS.

“Baik itu dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Bupati dan Wakil Bupati pada Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2024,” tutur Ketua KPU Tapsel.

Selain itu, urai Zulhajji, kegiatan ini juga berdasarkan surat keputusan Ketua KPU Tapsel No.787 s/d 791 tahun 2024 tertanggal 26 Mei 2024. Nantinya, anggota PPS Pilkada akan bekerja selama 8 bulan terhitung sejak 26 Mei 2024 hingga 27 Januari 2025.

“Adapun 267 anggota PPS ini berasal dari 5 Kecamatan. Yakni, Angkola Muaratais, Angkola Selatan, Sayur Matinggi, Batang Angkola, dan Tantom Angkola,” tutup Zulhajji.

Pegang Teguh Pakta Integritas dan Sumpah Janji

Ketua Bawaslu Tapsel, Taufik Hidayat, juga menyampaikan hal yang senada. Ia menekankan ke anggota PPS agar tetap berpegang teguh pada pakta integritas dan pengambilan sumpah atau janji hari ini.

“Sebagai penyelenggara, rekan-rekan juga harus menguasai aturan atau perundang-undangan yang berkaitan dengan Pilkada nanti,” tandasnya.