Jelang Pilkada 2024, Kabag Log Polres Tapsel Imbau Kades Tolak Ajakan Politik Uang

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Dalam gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kabag Log Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Kompol Daulat MZ Harahap, SH, minta ke para Kepala Desa (Kades) agar gunakan anggaran untuk kepentingan maupun kemaslahatan masyarakat.

“Bagi Kades, gunakan anggaran Desa untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat seluas-luasnya, bukan untuk oknum-oknum tertentu,” tegas Kabag Log Polres Tapsel di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta di Kantor Desa Bulu Gading, Kecamatan Sayur Matinggi, Rabu (21/08/2024).

Artinya, lanjut Kabag, anggaran Desa harus tepat sasaran. Jika terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan penggunaan anggaran Desa, maka kata Kabag, bisa berakibat pada perbuatan pidana korupsi.

“Untuk itu, menjelang Pilkada serentak 2024 ini, para Kades harus berani untuk menolak ajakan oknum-oknum yang mau memanfaatkan kewenangan Kades demi kepentingan politik,” pinta Kabag.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berani jadi relawan anti politik uang. Sebab, dengan masyarakat yang berani jadi relawan anti politik uang, tujuan dari gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta ini akan berhasil.

“Yaitu, tujuan Bapak Kapolres Tapsel adalah untuk menciptakan Kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif jelang Pilkada,” terang Kabag.

Bilamana ada pelanggaran tindak pidana Pilkada, Kabag meminta bagi siapapun, agar silahkan laporkan ke Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian.

Kabag mengaku, tujuan dari kegiatan ini salah satunya untuk, menampung aspirasi dan menjawab keluhan dari masyarakat, seputar Kamtibmas.

Kabag juga menjelaskan, bahwa pihaknya menggelar kegiatan ini dalam rangka cooling system jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Harapannya, akan berdampak pada damainya suasana Tapsel.

“Kami himbau masyarakat, untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, ujaran kebencian, dan black campaign. Agar, tidak ada terjadi perpecahan di antara masyarakat,” harapnya.

Jauhi Narkoba dan Judi

Dalam kesempatan ini, KBO Sat Reskrim Polres Tapsel, Iptu Aswin Manurung, yang hadir, mengajak ke masyarakat untuk jauhi perjudian dan narkoba. Dua penyakit masyarakat ini kian meresahkan.

“Kini, pemerintah juga sangat serius dalam hal memberantas kedua hal tersebut. Untuk itu, kami mengajak masyarakat agar tidak bermain judi atau terlibat dalam peredaran narkoba,” tutupnya.