Jalan Tertimpa Longsor di Natambang Roncitan Tapsel, Ini Penjelasan Camat Arse

Jalan Tertimpa Longsor di Natambang Roncitan Tapsel, Ini Penjelasan Camat Arse

 

Tapanuli Selatan-Camat, M Yusuf, menjelaskan bahwa, akses Jalan yang tertimpa longsor Pohon Bambu di Desa Natambang Roncitan, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), kini sudah bisa dilintasi kenderaan.

Memang sebelumnya, kata Camat, akses Jalan di Desa Natambang Roncitan menuju Desa Nanggar Jati atau sebaliknya, pada Sabtu (10/12/2022) sekira pukul 19.30 WIB sempat tertutup.

“Semalam, langsung gotong royong warga bersama Pemerintah Kecamatan dan Bhabinkamtibmas Polsek Sipirok, dengan menggunakan alat mesin chainsaw,” ujar Camat kepada wartawan, pada Minggu (11/12/2022) malam.

Camat yang juga langsung hadir saat pembersihan material longsor menyebut bahwa, setelah lebih kurang selama satu jam melakukan pembersihan, kenderaan warga kembali bisa melalui akses itu.

Camat mengaku, pihaknya telah koordinasi ke Kepala BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay. Dan rencananya, pagi tadi akan berlangsung pembersihan material longsor dengan menggunakan alat berat.

Namun, sebutnya, karena alat yang saat ini tersedia kurang cocok untuk pembersihan meterial longsor secara total, maka proses evakuasi tertunda sementara. Menunggu, alat berat berupa ekskavator untuk pembersihan yang saat ini masih berada di Kecamatan Marancar.

“Tapi, untuk kenderaan saat ini sudah bisa lewat dengan lancar. Sekitar 4 Meter lebih kurang lebar badan Jalan. 1,5 Meter di antaranya, masih ada sisa-sisa Batang Pohon Bambu yang longsor. Namun, kenderaan sudah bisa melewati 2,5 Meter Jalan yang sudah bersih dari material longsor,” terang Camat menutup.

Sebelumnya, hujan deras yang akhir-akhir ini mengguyur kawasan tersebut. Akibatnya, satu Rimbunan Pohon Bambu longsor dan menutup badan Jalan. Akibatnya, jalan sempat di kawasan tersebut, sempat tertutup total.

Komentar