Giliran Personel Polsek Sipirok dan SD Hole Tes Urine, Tindaklanjuti Perintah Kapolres

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Dalam rangka tindaklanjut perintah lisan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, sejumlah personel Polsek Sipirok dan Saipar Dolok (SD) Hole, mengikuti tes urine, pada Kamis (25/1/2024) pagi.

Sebelumnya, Kapolres ultimatum setiap jajaran Polres Tapsel agar tidak terlibat narkoba, maka secara estafet berlangsung tes urine bagi setiap personel, termasuk kali ini di Polsek Sipirok dan SD Hole.

“Selain itu, ini juga merupakan wujud pelaksanaan program prioritas dari Bapak Kapoldasu, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MH. Di mana menjadikan narkoba musuh bersama,” ujar Kasi Propam Polres Tapsel, AKP R Triharjanto, di sela kegiatan.

Dalam pelaksanaan tes urine yang berlangsung di Halaman Mapolsek Sipirok itu, pihaknya tidak temukan adanya personel yang terindikasi menggunakan narkotika. Baik itu di Polsek Sipirok maupun SD Hole.

“Pelaksanaan tes urine sendiri, berlangsung secara acak. Total ada 13 personel yang menjalani tes. Nanti, akan kita berlakukan secara berkala, guna pembersihan internal Polri dari narkoba,” terangnya.

Selain tes urine, menurut Kasi Propam, pihaknya juga menggelar pemeriksaan seragam Polri (Gampol) bagi personel. Dari hasil pemeriksaan ini, pihaknya masih menemukan personel yang kopel atau ikat pinggangnya tidak sesuai.

“Begitu juga saat pemeriksaan surat data diri. Kita masih temukan personel yang tidak lengkap data dirinya. Begitu juga pemeriksaan sikap tampang, masih ada personel yang berambut panjang,” jelas Kasi Propam.

Namun begitu, kata Kasi Propam, saat pemeriksaan senjata api (Senpi), dari dua personel, kedua-duanya masih terawat. Pun demikian dengan surat izin pemakaian Senpi yang masih berlaku.

“Kami juga tak temukan pelanggaran saat pengecekan Rutan Polri maupun administrasi penahanan,” ucapnya.

Beri Tindakan

Terkait pelanggaran personel yang berambut panjang, pihaknya langsung melakukan pangkas rambut di tempat. Sedangkan pelanggar lain, pihaknya memberi tindakan disiplin berupa push up 20 kali.

“Selain itu, kami juga berikan teguran lisan dan tindakan disiplin lainnya,” tandas Kasi Propam menutup.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Kapolsek Sipirok, Iptu Penggar M Siboro. Kapolsek SD Hole, AKP Amron Simanullang, SH. Kanit Reskrim Polsek Sipirok, Ipda Ahmad Juli Nasution, SH. Dan personel lainnya.

Komentar